081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Matangkan Persiapan Jelang STQ Nasional, Kafilah Jateng Adakan Pembinaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Penaisdayazawa) – Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penaisdayazawa) Kanwil Kemeng Prov. Jateng terus mematangkan persiapan jelang pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional ke XXVI tahun 2021 di Sofifi, Maluku Utara. Kegiatan yang diikuti oleh 26 calon peserta STQ Nasional dilaksanakan di Hotel Candi Indah Jl. Dr. Wahidin 112 Semarang selama tiga hari (7-9/11/21).

Dalam kesempatan membuka kegiatan pembinaan calon peserta STQ Nasional, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in menyampaikan bahwa Jawa Tengah dari ujung ke ujung adalah cikal bakal dari menyebarnya ajaran islam di Nusantara, sehingga para peserta pembinaan yang notabene sebagai anak cucunya wali songo meskipun dari jalur yang jauh, sebenarnya adalah pemilik saham yang sah menjadi penerus  Rasulullah dan Wali Songo untuk membawa Al Qur’an dalam kemuliaan, serta pantas untuk menjadi yang terbaik dalam event STQ Nasional, sehingga peserta dari Jawa Tengah harus berusaha semaksimal mungkin dan melakukan upaya strategis agar syi’ar kemuliaan Al-Qur’an tetap eksis serta mampu meraih yang terbaik dalam kancah nasional.

“Dalam fikiran saya yang sederhana ini, jika kafilah Jawa Tengah ikut lomba STQ Nasional dan ingin memperoleh hasil yang memuaskan atau meraih prestasi yang terbaik, tapi tidak melakukan upaya yang starategis, maka itu namamya mimpi, ” ujar Musta’in.

Sementara itu Kabid Penaisdayazawa, Afief Mundzir menyatakan bahwa targetnya Jawa Tengah ingin meraih juara umum pada STQ Nasional XXVI. Dia juga menambahkan ada sepuluh cabang yang akan diikuti oleh peserta dari Jawa Tengah, yaitu  :

  1. Tilawah anak-anak (putera-putri)
  2. Tilawah dewasa (putera-puteri)
  3. Tahfidz 1 juz dan tilawah (putera-putri),
  4. Tahfidz 5 juz dan tilawah (putera-putri)
  5. Tahfidz 10 juz (putera-putri)
  6. Tahfidz 20 juz (putera-putri)
  7. Tahfidz 30 juz (putera-putri)
  8. Tafsir bahasa arab (putera-putri)
  9. Hafalan 100 hadits (putera-putri) dan
  10. Hafalan 500 hadits (putera-putri)

STQ Tingkat Nasional XXVI tahun ini mengambil tema “Melalui STQ Nasional, Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai-nilai Al-Qur’an untuk Mewujudkan Generasi Milenial Qur’ani yang Unggul Menuju Indonesia Hebat dan Maju”. Tema ini memiliki makna bahwa tujuan penyelenggaraan STQ Nasional XXVI Tahun 2021 tidak hanya untuk mencari juara pada setiap cabang dan golongan yang diperlombakan. Lebih dari itu, penyelenggaraan STQ Nasional XXVI Tahun 2021 diharapkan mampu membentuk manusia yang mampu mengimplementasikan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya sesuai Surat Dirjen Bimas Islam Nomor B-2924/DJ.III/HM.01/09/2021 tanggal 7 September 2021, bahwa event STQ Nasonal akan dilaksanakan pada 14 – 23 Oktober 2021 di Sofifi, Provinsi Maluku Utara. (Aby/qq)