Kanwil Kemenag Prov. Jateng menggelar Asesmen Uji Kompetensi Seluruh ASN Secara Perdana

Kanwil Kemenag Prov. Jateng menggelar Asesmen Uji Kompetensi Jabatan hari kedua, pada Minggu (31/10/2021). Asesmen Uji Kompetensi Jabatan ini diklaim menjadi Asesmen pertama yang menguji seluruh ASN secara menyeluruh mulai dari eselon 4 hingga eselon 2. 

Menurut ketua panitia asesmen tersebut, H. BADRUS SALAM, S.Ag, M.M, sebanyak 127 ASN Kanwil Kemenag Prov Jateng menghadiri asesmen tersebut. Beliau juga mengungkapkan asesmen ini dapat berjalan dengan Bantuan dari Lembaga Pengembangan Profesi Universitas PGRI Semarang. Asesmen ini memiliki 3 tahap ujian yakni meliputi psikotest, FGD (focus group discution), dan wawancara secara perorangan.

Berdasarkan hasil wawancara, beliau turut menjelaskan bahwa Asesmen ini memiliki  tujuan pokok yakni untuk pemetaan kompetensi. “Selama ini tidak ada pelaksana/JFT yang melaksanakan asesmen, kemudian Bpk Kabag TU memiliki keinginan semua pegawai di Kanwil maupun di Kab/Kota mendapatkan asesmen, namun karena terkendala biaya untuk sementara asesmen dilaksanakan untuk pegawai Kanwil terlebih dahulu,” ujar Badrus.

Dalam pertemuan tersebut badrus mengungkapkan selama 35 tahun beliau menjadi pegawai beliau tidak pernah mengetahui adanya asesmen untuk semua pegawai, dan beliaupun merasa bahwa hal serupa bukan hanya terjadi di Kementerian Agama namun juga terjadi dilain tempat. Oleh karena itu Kanwil Kemenag Prov. Jateng mengclaim menjadi yang pertama dalam melakukan asesmen kepada seluruh pegawai secara Bersama sama.

Dalam asesmen tersebut Kabag TU, Fajar Adhy Nugroho turut hadir sebagai peserta asesmen. Beliau menjelaskan bahwa asesmen ini perlu dilakukan bukan hanya sebagai syarat kenaikan pangkat namun juga sebagai sarana untuk mengetahui kemampuan pegawai dalam focus/bidang yang dapat dimaksimalkan.  Setelah asesmen ini dilakukan “Harapannya dengan asesmen ini menjadi salah satu referensi alat kita untuk melakukan promosi yang ada dilingkungan  Kanwil Kemenag Prov. Jateng,” Ujar Kabag TU, Fajar Adhy Nugroho (bqq)