Bimtek Tindak Lanjut AKSI, Tingkatkan Mutu Pendidikan Madrasah

Semarang (Humas) – Memasuki hari kedua Pengembangan, Uji Coba dan Penerapan Modul dalam Bimbingan Teknis Tindak Lanjut Hasil (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) AKSI Tingkat Madrasah Gelaran yang digawangi oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dengan anggaran dari Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI akan berlangsung empat (4) hari, Kamis hingga Ahad (18-21/11/2021).

“Alhamdulillah, memasuki hari kedua kegiatan ini berjalan dengan lancar, harapannya mulai pembukaan kemarin sore Kamis 18 November 2021 oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah hingga penutupan nanti Ahad,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, A. Saifulloh di Hotel Santika  Pekalongan Jum’at (19/11/2021) dari pesan singkatnya melalui wa.

Lebih lanjut Saifulloh menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari AKSI sebagai baseline Informasi untuk Penentuan Kebijakan Peningkatan Pendidikan Madrasah.

“Melalui pengembangan, uji coba dan penerapan modul yang ditekankan pada penguatan literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya, maka dapat meningkatkan mutu pendidikan madrasah,” jelas Saifulloh.

“Diharapkan guru lebih memahami apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid,” imbuhnya.

Tindak lanjut AKSI dengan Bimtek ini Kemenag akan memiliki basis diagnostik yang kuat, untuk menentukan kebijakan mutu Pendidikan madrasah, memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan kapasitas guru, serta membangun budaya belajar. (qq)