Harmony Award Menjadi Penyemangat Dan Inspirasi dalam Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Kota Magelang

Kota Magelang – Kementerian Agama kembali akan berikan apresiasi terhadap kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota, serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di Indonesia.  Penganugerahan Harmony Award bagi Kepala Daerah dan Forum Kerukunan Umat Beragama Tahun 2021 tentunya merujuk kepada Pedoman, Petunjuk Teknis dan Instrumen Penilaian Harmony Award yang telah diterbitkan oleh Sekjen Kemenag RI.

Pancasila sebagai kesepakatan bersama dinishbatkan sebagai dasar negara yang tidak bertentangan dengan nilai agama. Tidak ada pertentangan agama dengan Pancasila. Kementerian Agama harus menjadi kementerian semua agama. Kementerian yang melindungi semua pemeluk agama yang adil dan proporsional.

“Kita harus mengapresiasi Kementerian Agama yang telah menginisiasi Harmony Award, sehingga menjadi penyemangat berbagai pihak untuk terus menjaga kerukunan umat beragama. Wahana seperti ini akan membuka ruang dari berbagai daerah di Indonesia saling menginspirasi. Dan tentunya akan semakin memotivasi seluruh elemen masyarakat,” kata Sofia Nur dalam arahanya.

Selain itu, Sofia Nur juga berterima kasih Kepala Badan Kesbangpol, Bagkesra Setda, FKUB, dan perwakilan dari ormas keagamaan yang telah hadir untuk menyamakan persepsi dan menyikapi Penganugerahan Harmony Award bagi Kepala Daerah dan Forum Kerukunan Umat Beragama Tahun 2021 ini. Imbuhnya.

Hari ini di Aula Kankemenag Kota Magelang Jl. Uripsumoharjo 106 Wates Magelang Utara di gelar pertemuan yang dihadiri oleh 20 orang yang terdiri dari unsur instansi pemerintah, FKUB dan para pimpinan organisasi keagamaan se-Kota Magelang. Hal ini dimaksudkan untuk menjaring gagasan mengenai pengarusutamaan moderasi beragama di Kota Magelang, serta untuk berpartisipasi dalam even Harmony Award Tahun 2021. (Hari).