Kota Magelang – Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah laksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) kinerja penyuluh agama Islam di Aula KUA Kecamatan Magelang Jl. Jeruk Timur  No. 5 Kel. Kramat Selatan Kec. Magelang Utara Kota Magelang. Pada Kesempatan yang baik ini Kepala Kantor dan Kasi Bimas Islam Kankemenag Kota Magelang juga berkenan mendampinginya. Hadir pula para Kepala KUA beserta peyuluh agama Islam baik PNS maupun Non PNS se-Kota Magelang. Jum’at (26/11).

Monev  ini bertujuan untuk melihat lebih dekat terkait laporan kinerja Penyuluh Agama Islam Non PNS, khususnya pada saat Pandemi Covid-19. Dan juga mempertegas komitmen pengabdian sebagai Penyuluh Agama Islam terutama dalam pelaksanaan SE Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Nomor B.1673/DJ.III/HK.00.7/05/2021 tentang Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Pelaksanaan Bimbingan dan atau Penyuluhan Agama Islam berupa gerakan pembuatan Poster Digital/Flayer.

Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah menyampaikan kementeraian Agama mempunyai 2 program unggulan terkait layanan KUA dan penyuluh, yakni moderasi beragama dan revitalisasi KUA Kecamatan. Penyuluh Agama Islam memiliki peran besar untuk menyukseskan program unggulan. Pesan-pesan yang menyejukkan dan membina umat bermuatan moderasi beragama menjadi upaya prefentif dalam mencegah gerakan anti radikal dan intoleran.

“Kedepan Kementerian Agama akan memperkuat fungsi kepenyuluhan. Jika saat ini hanya ada penyuluh agama Islam PNS dan Non PNS saja, kedepan akan diperkuat oleh penyuluh agama Islam hasil rekruitmen dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” tandas Afif Mundzir.

“Tulang punggung suksesnya moderasi dan revitalisasi KUA Kecamatan ada tangan penghulu dan penyuluh.  Penghulu dan penyuluh saat ini merupakan pilar penting yang memiliki peran strategis bagi kementerian agama dalam mencapai keberhasilannya. Sebagai konsekuensinya, pemerintah berupaya menaikkan kesejahteraan penghasilan bagi penyuluh agama non PNS minimal sebesar UMR,” imbuh Afif.

Dalam sambutannya, Kapala Kankemenag Kota Magelang selain mengucapkan selamat datang dan ucapan terimakasih atas kehadiran  Kabid Penaiszawa, juga berpesan agar seluruh ASN dan pegawai yang melaksanakan tugas di KUA Kecamatan senantiasa meningkatkan kualitas kinerjanya. Ujar Sofia Nur.

“KUA merupakan unit kerja Kementerian Agama yang secara institusional berada paling depan dan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat. Tanpa didukung oleh kompetensi yang memadahi, tidaklah mungkin terwujud layanan prima di KUA Kecamatan,” jelasnya kemudian. (Hari).

Tampil Sebanyak : 26