Kankemenag Wonosobo Gelar Rakor Penyusunan Program dan Anggaran 2022

Wonosobo – Masuki penghujung tahun 2021 yang hanya tersisa satu bulan lagi, Kankemenag Kab. Wonosobo gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Program dan Anggaran tahun 2022, yang dilaksanakan di RM Bugisan, Senin (29/11).

Rakor tersebut melibatkan dua puluh delapan peserta meliputi ASN Kemenag dan Madrasah, serta dihadiri langsung oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, dan Kasubbag TU, Mahbub.

Dalam laporannya, Mahbub, menjelaskan tujuan dilaksanakannya rakor yakni untuk menyusun program dan anggaran tahun 2022 mendatang, “selain untuk menyusun program dan anggaran sekaligus untuk mensinergikan kegiatan antara perencana, pengelola dan pejabat terkait,” Jelas Mahbub.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ahmad Farid, mengatakan dalam menyusun program anggaran ada beberapa point yang perlu diperhatikan diantaranya yakni program skala prioritas, menyusun kegiatan yang mungkin bisa dilaksanakan, fleksibilitas kegiatan, dan koordinasi dalam penyusunan anggaran,

“harus ada program yang diprioritaskan yang disusun. Selain itu, dengan evaluasi pelaksanaan kegaitan di tahun 2021, kita bisa mengetahui apa saja kegaitan yang mungkin bisa dilaksanakan, yang tidak memungkinkan bisa dikesampingkan terlebih dahulu. Dan yang terpenting adalah koordinasi penyusunan anggaran agar tidak terjadi revisi berkali-kali,” jelas Farid.

Farid menambahkan, dari hasil evaluasi atau pengalaman di tahun 2021, terdapat beberapa kegiatan yang akhirnya tidak terserap oleh satker lantaran kondisi pandemic, “kita tidak bisa memprediksi kapan pandemic ini akan berakhir. Tapi berkaca dari tahun 2020 dan 2021, beberapa kegiatan akhirnya tidak dapat diserap lantaran pandemic. Itu harus diperhatikan betul, terlebih dengan adanya kebijakan PPKM,” imbuh Farid.

Selain hal tersebut, Farid, juga menyampaikan adanya koordinasi dan konsolidasi beberapa elemen yang dirasa lamban agar diperbaiki dalam tahun anggaran 2022.

Selanjutnya Kakankemenag menyerahkan kepada perencana, pengelola dan pejabat terkait untuk penyusunan program anggaran tahun 2022.

Usai sambutan dan pengarahan dari Kepala, acara dilanjutkan dengan materi oleh tim perencana. Diakhir rakor, ditemukan pagu sementara untuk tahun anggaran 2022 pada Kankemenag Kab. Wonosobo yakni sejumlah 86.7 Milyard Rupiah untuk enam kode kegiatan dan anggaran yang bervariasi. Ps-ws