Masnunah Guru MAN Pekalongan Raih Gelar Doktor

Kab. Pekalongan – Sidang Terbuka Promosi Doktor Masnunah , S.Ag, M.Pd.I NIM 14000390056 (Guru MAN Pekalongan) dengan disertasi  Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Muatan Lokal (Studi Kasus di MASS Simbangkulon dan MASS  Proto Kabupaten Pekalongan) di aula UIN Walisongo Semarang dengan menerapkan protokol kesehatan. Sidang terbuka ini disaksikan peserta kurang lebih 50 orang seperti keluarga calon doktor, perwakilan guru dan pegawai MAN Pekalongan, PCNU, Muslimat, JATMAN dan rekan-rekan angkatan S3. Senin, (29/11/2021).

Tim Sidang  Terbuka Promosi Doktor terdiri atas :1. Prof.Dr. H. Abdul Ghofur, M.Ag (Ketua/Penguji); 2. Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M.Ag (Sekretaris/Penguji); 3  Prof. Dr. Hj. Nur Uhbiyati, M.Pd (Promotor/Penguji); 4  Dr.H. Raharjo, M.Ed.St. (Co-promotor/Penguji); 5  Prof.Dr.H. Sunhaji, M.Ag (Penguji Eksternal); 6. Prof. Dr. H. Ibnu Hadjar, M.Ed (Penguji); 7. Dr. H. Abdul Rohman, M.Ag (Penguji); dan 8. Dr. H. Darmuin, M.Ag ( Penguji).

Sidang berjalan dengan lancar. Diawali pengenalan tim penguji, biografi dan pemaparan disertasi dan dilanjutkan tanggapan, saran, kritik, pertanyaan serta masukan. Promovendus Masnunah dengan sangat ilmiah menjawab semua pertanyaan sang penguji dan memaparkan hasil riset secara sistematis.

Yang kursial dari pertanyaan penguji tentang design kurikulum,  implementasi kurikulum dan evaluasi hasil riset pendidikan karakter berbasis kurikulum muatan lokal. Perjalanan sidang terbuka berjalan sangat ilmiah dan mengedepankan pemikiran logis serta data akurat riset.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di MASS Simbangkulon dan MASS Proto secara umum diimplementasikan untuk mendukung pembelajaran muatan lokal yang berorientasi pencapaian visi misi madrasah, disisipkan KBM baik di dalam maupun luar kelas. Pendidikan karakter di MASS Simbangkulon ditanamkan melalui model sholeh akrom(spiritual melalui pendalaman Al Quran dan kitab kuning, tawadhu, keteladan, ekstrakurikuler, kepedulian sosial, pengamalan, kerja sama, optimis dan moderat.

Pendidikan karakter di MASS Proto ditanamkan dengan model baiatul  kamil (Bimbingan tahfidz Quran dan kitab kuning, leadership, keteladanan, moderasi dan peduli lingkungan).

Berdasarkan penilaian Sidang Terbuka Promosi Doktor Masnunah mendapatkan nilai dari 8 penguji dengan akumulasi nilai rata-rata 3.60 dan berhak menyandang gelar Dr. Masnunah, S.Ag,M.Ag Doktor UIN Walisongo Semarang ke-185 dengan menilai sangat memuaskan (Cumluade). Meraih gelar Doktor penuh perjuangan dan pengorbanan. Selamat dan sukses meraih Dr. Masnunah. Semoga ilmunya bermanfaat dan barokah.(C-NA/AntÄ·/bd).