Memperingati Hari Guru Nasional Ke 76, MTs N 4 Tegal Melaksanakan Upacara Bendera dan Jaring Aspirasi Warga Madrasah

Kamis, 25 Nopember 2021, bertepatan dengan hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang ke 76 , MTs Negeri 4 Tegal melaksanakan kegiatan upacara bendera.Upacara di mulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 09.15 WIB. Dengan tema Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh ,Indonesia Tumbuh.  Berlaku sebagai Inspektur Upacara H. Fatchurodji, selaku Kepala Madrasah. Upacara bendera dalam memperingati Hari Guru Nasional ini dilaksanakan dengan petugas-petugas Upacara dari dewan guru, mulai dari pembawa Acara, pembaca Undang-Undang Dasar 1945, Doa dan komandan Upacara.  

Upacara berjalan khidmat dan lancar. Peserta upacara adalah peserta didik MTs Negeri 4 dan semua dewan guru yang tidak bertugas sebagai petugas upacara. Inspektur upacara dalam amanatnya menguraikan tentang merdeka belajar, gerakan hari guru sungguh semakin kuat dan semakin menggaung. “Uapacara Hari Guru adalah gerakan ini hidup dalam setiap insan guru, guru memiliki keberanian untuk melangkah ke depan menuju satu tujuan utama, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh karena itulah memperjuangkan merdeka belajar adalah hal yang utama, demi kehidupan dan masa depan guru yang lebih baik” Tambah Fatchurodji.

Setelah pelaksanaan upacara berakhir dilanjutkan dengan ramah tamah antara dewan guru dengan seluruh peserta didik sebagai wujud rasa syukur atas pelaksanaan dan perayaan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang jatuh pada hari ini 25 Nopember 2021. Ramah tamah diisi dengan kegiatan doa bersama dan menjaring aspirasi dari peserta didik dan guru. Pelaksanaan menjaring aspirasi terkait dengan kegiatan madrasah ke depan agar lebih baik lagi, agar lebih maju lagi. Menjaring aspirasi berupa pengajuan pendapat, saran sekaligus upaya untuk memberikan solusi.

Adapun hasil kegiatan itu diantaranya adalah usulan pengembangan kegiatan di Madrasah berupa peningkatan kegiatan agama yaitu agar rutinitas kegiatan sholat Dhuha berjamah agar terus di tingkatkan. Kegiatan Ektra kurikuler juga terus di pacu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik diantaranya Pramuka, Drum band, marawis dan kegiatan seni angklung. Salah satu guru, Zaki Mubarok menyampaikan bahwa untuk peningkatan mutu madrasah, ekstra kurikuler juga harus ditingkatkan. “Ekstra kurikuler mempunyai peranan penting dalam pengembangan kemampuan siswa, oleh karena itu, mutu Ekstra kurikuler  juga harus tetap dikembangkan. Selain itu sarana dan prasarana koperasi dan kantin juga agar di tingkatkan dari segi perluasan usaha, peningkatan kebersihan kantin, kebersihan masjid dan sarana tempat wudlu madrasah” Demikian Zaki menutup usulannya.(Tasrip)