Pemberian Penghargaan Terhadap Guru dan Siswa Berprestasi MTs Negeri 2 Pekalongan

Kab. Pekalongan – Peringatan Hari Guru Nasional di MTs Negeri 2 Pekalongan pada hari Kamis (25/11) semakin semarak dengan digelarnya acara penyerahan reward atau penghargaan dari Madrasah untuk para guru dan siswa berprestasi. (Kamis, 25/11/2021)

Sebanyak 16 siswa dan 5 orang guru menerima penghargaan berupa samir dan uang pembinaan dari madrasah. Berdasarkan data yang didapat dari pihak Kesiswaan maupun tim olimpiade, 16 siswa yang berasal dari kelas 7, 8 dan 9, tercatat telah mengukir prestasi dalam beberapa kompetisi online yang diselenggarakan pada kurun waktu akhir Agustus hingga pertengahan November 2021.

Kompetisi yang diikuti meliputi bidang akademik meliputi: POSI Science Competition, National Science Competition, Olimpiade Sains Siswa Nasional, Indonesian History Competition, Olimpiade Fisika Nasional, Mathematics Competition, Indonesian Youth Science Competition, Olimpiade Kewarganegaraan Tingkat Nasional (OKTN), Olimpiade PAI, dan Olimpiade Bahasa Indonesia (OBI). Dari kompetisi-kompetisi online tersebut, meliputi berbagai mata pelajaran seperti Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKn, hingga PAI. Sedangkan, prestasi yang diraih dalam bidang non akademik diperoleh dari lomba Taekwondo Poomsae Virtual tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, sebanyak 5 orang guru yang menerima reward pada hari itu, 2 orang merupakan guru PNS, dan 3 orang lainnya merupakan guru non PNS. Mereka antara lain: Heri Suksmadi, S.Pd (meraih prestasi dalam lomba POSI Science Competition, National Science Competition, dan Indonesian Youth Science Competition mapel Matematika); Wahyu Hidayani, S.Pd (meraih prestasi dalam POSI Science Competition mapel IPA); Andrianto, S.Pd (meraih prestasi dalam POSI Science Competition mapel IPS); Noor Lu’lu’atuzzakiyah, S.Pd (meraih juara 1 lomba Guru Menulis tingkat Kabupaten); dan Ririn Dwi Wahyuningsih, S.Pd (meraih juara 2 lomba Seni Tari tingkat Kabupaten). Baik guru maupun siswa yang berprestasi tersebut sama-sama menerima reward dari madrasah berupa samir dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Madrasah, Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat.

Dalam sambutannya sebelum memberikan reward, Imam Sayekti menyampaikan ucapan selamat serta apresiasi kepada Sang Juara.

“Kami atas nama pimpinan madrasah sangat berterima kasih kepada seluruh stakeholder madrasah, baik komite, masyarakat, tim sukses olimpiade semua mapel, guru dan tenaga kependidikan, serta semua peserta didik MTs Negeri 2 Pekalongan yang telah bekerja keras, kerja tuntas sehingga harapan berprestasi bisa diraih.” tuturnya.

“Selamat kepada anak-anakku dan juga bapak ibu guru yang telah meraih prestasi. Tetaplah semangat dalam belajar serta mengembangkan potensi yang dimiliki. Semoga reward yang diterima nanti dapat menjadi motivasi tersendiri bagi yang berprestasi pada khususnya, dan semuanya.” ucapnya penuh bangga. 

Matyuri, S.Pd selaku waka kesiswaan, dalam keterangannya mengungkapkan, prestasi yang diperoleh dalam kurun waktu Januari hingga 25 November 2021 adalah sebanyak 82 jenis prestasi.

“Alhamdulillah, pencapaian ini insya Allah telah sesuai target tahunan, yakni 10% dari jumlah siswa keseluruhan. Semoga apa yang telah dicapai ini bisa dipertahankan sekaligus ditingkatkan pada masa mendatang.” harapnya.

Kukuh Izaas Widjonarko, salah satu penerima penghargaan, mengungkapkan rasa bahagianya setelah mengikuti acara.

“Saya sangat senang. Tidak menyangka menerima reward dari madrasah. Pastinya saya jadi tambah semangat untuk belajar dan mengikuti lomba-lomba lagi.” Ucap Kukuh siswa kelas 7A saat diwawancarai. (Why/Ant/bd).