Pupuk Kerukunan dengan Memperkuat Silaturahmi Tokoh Lintas Agama

Kota Magelang – Pengurus FKUB, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di wilayah Kota Magelang hari ini menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) Dalam Rangka Menjalin Silaturahmi Tokoh Lintas Agama Dalam Harkamtibmas Yang Kondusif Menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Di Wilayah Hukum Kota Magelang, di Aula Mako 1 Polres Magelang Kota, Kamis (24/11).

Polres Magelang Kota menggelar dengan protokol kesehatan ketat kegiatan ini sebagai wujud pembinaan guna meningkatkan tali silaturahmi dan mewujudkan kerukunan sebagai bagian dari upaya menciptakan situasi kondusif. Dalam sambutannya Kapolres Magelang Kota menyatakan harapannya seluruh elemen masyarakat bersinergi dalam membangun suasana aman dan nyaman di Kota Magelang.

Sofia Nur, Kepala Kankemenag Kota Magelang salah satu narasumber pada acara tersebut menjelaskan “sebagai Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, terdiri dari berbagai suku, agama dan ras, tetapi dikenal sebagai bangsa yang ramah dan toleran, termasuk dalam hal kehidupan beragama. Kemajemukan atau pluralisme agama di Indonesia telah berlangsung lama dan lebih dahulu dibandingkan dengan di negara-negara di dunia pada umumnya,” ujarnya.

“Kerukunan umat beragama itu ditentukan oleh dua faktor, yakni sikap dan prilaku umat beragama serta regulasi pemerintah bagi kerukunan itu ini. Semua agama mengajarkan untuk hidup rukun. Idealnya agama difungsikan juga sebagai sebagai faktor integratif. Hubungan antar pemeluk agama di Indonesia terbilang sangat harmonis. Namun, di era reformasi yang notabene mendukung kebebasan ini muncul berbagai ekspresi kebebasan, baik dalam bentuk pikiran, ideologi politik, faham keagamaan, maupun dalam ekspresi hak-hak asasi,” terang Sofia kemudian.

Kerukunan beragama adalah keadaan hubungan antar umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian dan saling menghormati dalam pengamalan ajaran agama serta kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat. Eksistensi kerukunan ini sangat penting, di samping karena merupakan keniscayaan dalam konteks HAM, juga karena kerukunan ini menjadi prasyarat bagi terwujudnya persatuan bangsa untuk keberhasilan pembangunan nasional. Demikian disampaikan I Gedhe  Mahardika pengurus FKUB Kota Magelang.

Polres Magelang Kota, Kementerian Agama Kota Magelang beserta pemangku kepentingan lainnya selalu merapatkan barisan guna membangun soliditas dan sinergitas dalam memberikan edukasi kepada masyarakat  untuk mewujudkan situasi yang kondusif di Kota Magelang. (Hari).