Semarak Peringatan Hari Guru Nasional ke-76 di MTs Negeri 2 Pekalongan

Kab. Pekalongan – Berbagai rangkaian kegiatan diselenggarakan untuk memperingati HGN ke-76 tahun ini. MTs Negeri 2 Pekalongan sebagai institusi pendidikan juga memperingati HGN dengan sederhana namun tetap semarak. (Kamis, 25/11/2021)

Rangkaian peringatan HGN di MTs Negeri 2 Pekalongan diawali dengan Upacara Bendera sesuai dengan surat edaran yang diterbitkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI No.B-4291/Dt.I.II/HM.03/11/2021 tentang pelaksanaan upacara bendera HGN 2021. Berdasarkan SE tersebut, madrasah yang telah melakukan PTM terbatas diharapkan dapat menggelar upacara secara luring dengan protokol kesehatan.

Ini menjadi dasar pelaksanaan upacara peringatan HGN di MTs Negeri 2 Pekalongan. Upacara yang dilaksanakan mulai pukul 7.30 WIB ini diikuti oleh pimpinan madrasah, seluruh guru dan tenaga kependidikan. Tampak juga beberapa siswa berprestasi hadir mengikuti upacara. Dalam amanatnya, Sunardi, S.Pd yang bertindak sebagai pembina upacara membacakan pidato sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pada peringatan HGN tahun 2021 yang bertema “Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri” ini, Nadiem Anwar Makarim yang akrab disapa Mas Menteri menyampaikan penghormatan kepada seluruh guru Indonesia.

Mas Menteri menekankan betapa tugas dan tantangan bagi seorang guru sekarang ini sangatlah berat. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 yang menuntut para guru untuk beradaptasi dengan teknologi.

Nadiem sungguh mengapreasiasi usaha yang telah dilakukan para guru, baik yang bertugas di perkotaan, pedesaaan, dan terutama di wilayah terpencil yang jauh dari akses internet. Selain itu, dalam sambutannya, Nadiem juga menyebutkan akan terus memperjuangkan kesejahteraan para guru honorer antara lain dengan melakukan relaksasi dana BOS sehingga bisa digunakan untuk membayar honor para GTT serta membuka peluang seleksi PPPK agar kesejahteraan para guru honorer semakin meningkat. Di akhir sambutannya, Nadiem kembali mengajak seluruh guru untuk tetap bersemangat dalam berdedikasi di dunia pendidikan agar tercapai Merdeka Belajar.

Setelah melaksanakan upacara bendera, acara dilanjutkan dengan foto bersama seluruh dewan guru dan tenaga kependidikan, penyerahan penghargaan bagi guru dan siswa berprestasi serta diakhiri dengan potong tumpeng sebagai bentuk syukur pada Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya.

Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat selaku Kepala Madrasah dalam keterangannya mengungkapkan rasa syukur atas lancar dan suksesnya peringatan HGN tahun 2021 kali ini.

“Alhamdulillah, saya mewakili seluruh pimpinan madrasah berterima kasih setinggi-tingginya pada rekan-rekan guru maupun tenaga kependidikan atas partisipasinya dalam upacara bendera, mulai dari para petugas maupun peserta upacara.Tanpa ada kerjasama yang baik, niscaya tidak akan tercapai sebuah kesuksesan.” ujarnya.

Lebih lanjut Imam Sayekti menyampaikan bahwa yang paling membahagiakan ada kado spesial di HGN tahun ini, yakni kehadiran para siswa dan guru berprestasi untuk menerima penghargaan dari madrasah. Mereka merupakan mutiara yang akan semakin indah jika terus diasah. Berkat perjuangan merekalah, madrasah kita berhasil meraih banyak prestasi baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional. Oleh karena itu, harus kita berikan perhatian dan penghargaan. Semoga akan menjadi motivasi bagi mereka serta bagi yang lain untuk terus berkarya dan berprestasi.

Amelia Novita, salah satu siswa berprestasi yang berhasil memborong medali dari berbagai kompetisi online, memberikan ucapan selamat HGN bagi guru-gurunya.

“Selamat Hari Guru buat seluruh bapak dan ibu guru MTs Negeri 2 Pekalongan. Terima kasih atas kasih sayang dan didikannya selama ini, sejak saya menjadi murid baru hingga sekarang kelas IX. Semoga bapak ibu guru selalu sehat, selalu semangat dan selalu sabar dan membimbing kami semua.” ucapnya penuh keharuan. (Why/Ant/bd).