Sharing Kemadrasahan, KKM MAN 1 Kudus Sambangi MAN 1 Tegal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

(Babakan) – Suasana penuh suka cita mewarnai hari Rabu, 3 November 2021, pasalnya civitas Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tegal menyambut kedatangan tamu KKM MAN 1 Kudus beserta rombongan, guna melakukan agenda kegiatan sharing kemadrasahn dan silaturrahim.

Rombongan MAN 1 Kudus tiba sekitar pukul 08.45 WIB yang dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Drs. H. Suhamto, M.Pd, bersama  rombongan KKM se-MAN 1 Kudus yang langsung disambut dengan hangat oleh Kepala MAN 1 Tegal Dra. Hj. Nurhayati dan para wakil kepala madrasah.

Selanjutnya rombongan tamu diarahkan menuju ke ruang kelas digital guna melanjutkan agenda seremonial, kemudian dalam sambutannya Kepala MAN 1 Tegal, Hj. Nurhayati menyampaikan selamat datang kepada Bapak/Ibu rombongan KKM MAN 1 Kudus yang sudah datang kesini semoga nantinya  dapat bermanfaat untuk kita sesama madrasah. Kami juga merasa perlu banyak sharing juga dengan MAN 1 Kudus agar kami semakin lebih baik. MAN 1 Tegal tidak bisa lepas dari pondok pesantren yaitu Mahadut Tholabah yang dulu masyayikh pondok ingin  mendirikan pendidikan formal dulu bernama MAIN kemudian terkenal dengan nama MAN Babakan Lebaksiu, terakhir keluar SK baru dengan nama MAN 1 Tegal, jadi madrasah ini tidak bisa lepas dengan pondok yang ada di Babakan.

“MAN 1 Tegal memiliki program 3 in 1 yaitu ilmu pengetahuan, ilmu ketrampilan dan ilmu agama. Sekarang kami memiliki 5 program ketrampilan yaitu TSM, Elektro, Tata Busana, Tataboga dan TKJ, setiap jurusan kami batasi satu kelas. Perjalanan ketrampilan kami juga mengalami pasang surut, 2012 kita juga sempat punya BKK yang memberangktkan kerja di perusahaan, namun terhenti, alhamdulillah pada 2020 kemarin kita bersemangat kembali dan bekerjasama dengan YAMAHA dibidang otomotif, begitu juga dengan jurusan ketrampilan lainnya”, tandas Nurhayati.

Sementara itu Kepala MAN 1 Kudus H. Suhamto menyampaikan tujuannya bersama rombongan ke MAN 1 Tegal adalah untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai bagaimana tatacara manajemen mengelola Madrasah agar bisa seperti yang sudah dilakukan oleh MAN 1 Tegal mulai dari pengelolaan sarana prasarana, bangungan SBSN, Akademik dan Non Akademik, kesiswaan, keagamaan dan khususnya adalah MAN 1 Tegal yang mempunyai daya tarik karena mayoritas siswanya adalah santri yang berada di pondok pesantren, terlebih lagi madrasah ini juga salah satu madrasah tertua,” tutur Suhamto.

“Kami tertarik dengan program 3 in 1 dan mengenai program ketrampilan yang disampaikan Hj. Nurhayati tadi. Selain itu tujuan studi banding, yang paling utama adalah dalam rangka silaturrahim karena kita adalah sama-sama MAN sehingga kita bisa saling sharing bertukar fikiran terhadap program madrasah untuk

Dalam acara ini pula dilakasanakan dialog, tanya jawab dari semua perwakilan rombongan ke pihak steakholder MAN 1 Tegal secara hangat, terbuka dan penuh semangat. Dilanjutkan acara penyerahan cinderamata ke masing-masing madrasah dan berfoto bersama. (nuris)