081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Terobobosan Pelayanan yang Inovatif pada Penyelenggraan Haji dengan “Eazy Passport”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Mungkid – Dalam rangka tetap melayani masyarakat dengan efektif dan maksimal Kantor Kemenag Kab. Magelang bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Wonosobo melaksanakan kegiatan Pelayanan Eazy Passport di ruang Pelayanan Terpadu Satu pintu (PTSP) Kankemenag Kab. Magelang, Selasa, (23/11/2021).

Pelayanan Eazy Passport merupakan pelayanan pembuatan paspor yang dilaksanakan di luar Kantor Imigrasi dan menuju lokasi pemohon (dalam hal ini adalah jamaah calon haji pemberangkatan tahun 2022 yang telah habis masa berlaku paspornya difasilitasi Kankemenag Kab. Magelang).

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan pembuatan paspor kepada masyarakat atau jemaah haji melalui program pelayanan paspor secara kolektif (oleh Kankemenag Kab. Magelang) melalui program ”Eazy Passport”. Melalui program ini jamaah haji/Lembaga dapat mengajukan permohonan paspor tanpa perlu ke Kantor Imigrasi Wonosobo namun petugas akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan.

Seluruh proses permohonan paspor mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di PTSP Kankemenag Kab. Magelang. Paspor yang sudah jadi nantinya bisa diambil dan atau dikirim ke Kankemenag Kab. Magelang untuk diserahkan ke jamaah calon haji.

Program pelayanan publik pembuatan paspor untuk kepentingan pemberangkatan haji tahun depan ini digagas dan difasilitasi oleh Kantor Imigrasi Wonosobo dan Kankemenag Kab. Magelang untuk semakin hari semakin adaptif serta inovatif yang diselaraskan dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya jamaah calon haji.

Dijumpai usai kegiatan pelayanan Eazy tersebut Kasi PHU Kankemenag Kab. Magelang, Khamim Setiawan menyampaikan perlunya inoasi dalam pelayanan haji khususnya dalam pembuatan paspor. “Kita memerlukan terobobosan pelayanan administrasi yang inovatif dalam pelayanan dalam bidang pelayanan penyelenggaraan haji, pelayanan administrasi yang lebih baik serta profesional tentunya,” kata Khamim Setiawan.(toy/Sua).