Tiga Pelajar MTs Negeri 2 Pekalongan Harumkan Nama di Kompetisi OSSN Tingkat Nasional

Kab. Pekalongan – Pada Hari Selasa, 9 November 2021, sebanyak enam pelajar MTs Negeri 2 Pekalongan kembali mengharumkan nama madrasah berkat prestasi yang diraihnya. Setelah sebelumnya berhasil lolos dan meraih juara dalam seleksi OSSN tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kompetisi OSSN tingkat Nasional ini diselenggarakan oleh Lembaga Garuda Sains Indonesia (GSI) pada tanggal 7 November 2021.

Teknis pelaksanaan babak final berbeda dengan pada saat seleksi tingkat Provinsi. Jika pada babak sebelumnya menggunakan aplikasi CBT, maka pada babak final para peserta masuk ke ruang ujian melalui Zoom Meeting dan mengakses soal di sana. Hal ini dilakukan agar pengawasan oleh pihak penyelenggara lebih maksimal.

Dari 6 siswa yang mengikuti babak final, 3 siswa berhasil meraih medali kejuaraan, yakni: 1). Rifana Arivianti, meraih Medali Emas; 2). Amelia Novita, meraih Medali Perak; dan 3). Kenes Alya Hafizhah, Meraih Medali Perak.

Wahyu Hidayani, S.Pd selaku Pembina Olimpiade IPA menyampaikan bahwa dirinya dan tim pembina sangat bersyukur sekaligus bangga atas prestasi siswa-siswanya. Setelah berhasil lolos dalam seleksi tingkat Provinsi, mereka bertiga kembali menunjukkan kemampuan dalam menaklukan soal-soal IPA dalam babak Final OSSN tahun 2021.

“Pencapaian ini sangat kami syukuri. Tentu saja berkat usaha keras dari anak-anak, doa orang tua mereka serta bimbingan dan motivasi yang selalu diberikan para pembina.” kata Wahyu Hidayani.

Sementara itu, Wahyu Hidayani juga tetap mengapresiasi 3 siswanya yang belum berhasil lolos di babak final, yakni Rilza Dwi Aprilia, Fiyana Lufitasari, dan Abdi Hubbika Mutayyama.

“Jangan pernah patah semangat, karena pada dasarnya, jika mengikuti kompetisi bukanlah untuk mengejar juara, melainkan untuk meningkatkan kompetensi. Masih banyak kesempatan berprestasi di masa mendatang.” demikian pesannya menyemangati ketiga siswanya yang belum berhasil.

Kepala MTs Negeri 2 Pekalongan, Imam Sayekti,S.Pd.,M.Si.,M.Pmat juga menyampaikan apresiasi pada siswa-siswanya yang telah mempersembahkan medali pada ajang OSSN tahun 2021 ini.

“Tingkatkan terus kemampuanmu, jangan cepat puas, namun juga tetaplah rendah hati. Insya Allah madrasah akan terus mendukung dan mendorong kalian untuk terus berprestasi. Nantinya juga akan reward tersendiri dari madrasah bagi siapa saja yang mampu berprestasi’, demikian tutur Imam Sayekti agar para siswa semakin bersemangat. (Why/Ant/bd).