Eratkan Kebhinekaan, Kalirejo Jadi Pelopor Desa Rukun Harmoni

Kendal – Melalui penyuluh agama pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo disorot sebagai pelopor desa rukun harmoni, dengan warganya yang menganut kepercayaan berbeda namun tetap hidup rukun berdampingan. Pemeluk agama Islam, Kristen dan Hindu bahkan dalam satu keluarga menjadi hal biasa bahkan menjadi penguat kebhinekaan.

Peresmian desa rukun harmoni menjadi momen luar biasa bagi Kemenag hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus.

“Ini luar biasa karena di Kendal kita dapat mendukung program desa sadar kerukunan, yang mana kita tahu desa Kalirejo, Singorojo ini terbilang pelosok namun luar biasa keharmonisan kehangatan tercipta di tengah perbedaan,” jelas Mahrus.

Pencanangan Desa Kalirejo Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal sebagai pelopor desa rukun harmoni, oleh Staf Khusus Kementerian Agama Republik Indonesia, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan Bupati Kendal berlangsung Senin (13/12).

Kegiatan dibuka dengan persembahan tari, dilanjutkan menyanyikan lagu indonesia raya dan doa lintas agama. Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad mengapresiasi warga Desa Kalirejo yang telah menjadikan agama sebagai inspirasi dalam membangun harmoni sosial.

“Dengan bermodal kerukunan warga bisa hidup berdampingan dengan baik dengan harmonis tanpa harus menyamakan perbedaan,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Staf Khusus Menteri Agama RI, Wibowo Prasetyo yang menyatakan bahwa kerukunan merupakan pondasi utama persatuan dan kesatuan bangsa yang harus dijaga dan disebar sebagai virus kebaikan.

Puncak acara pencanangan desa rukun harmoni ditandai pemukulan gong oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto. Dirinya berharap tidak hanya di Desa Kalirejo kerukunan antarumat beragama tercipta dengan baik, tetapi juga di desa-desa lain di Kabupaten Kendal.

“Keharmonisan ini bisa menciptakan kondusifitas wilayah dan menjadi kekuatan Republik Indonesia dan saya akan kawal terus kerukunan umat beragama di Kendal agar terus terjalin dan terbina,” katanya.

Sebagai bukti peresmian juga dilakukan penandatanganan prasati oleh Bupati Kendal, Staf Sus Kemenag RI  dan Kakanwil Kemenag Prov Jawa Tengah. (bel/rf)