Evaluasi Anggaran, Maksimalkan Serapan yang Akuntable

Semarang (Humas) – Bertempat di ruang rapat lt. 2, Plt. Kabag TU, Nurkholis memimpin rapat terbatas dengan para Kasubbag dan Sub Koordinator Subbag serta para Pengelola anggaran pada masing-masing Subbag. 

Dalam rapat kali ini, membahas evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2021 dan rencana pelaksanaan anggaran tahun 2022.

“Pelaksanaan anggaran tahun 2021, akan segera berakhir untuk itu kita harus mencermati terkait anggaran yang belum terlaksana dan upayakan untuk dimaksimalkan realisasinya namun juga sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Nurkholis Senin (13/12/2021)

Menyikapi beberapa kendala dalam pelaksanaan anggaran tahun berjalan ini, khususnya terkait anggaran operasional perkantoran dan pelaksanaan SKD maupun SKB Nurkholis menuturkan untuk pelaksanaan tahun depan untuk dipersiapkan dana cadangan untuk hal-hal yang urgent.

“Berangkat dari pengalaman tahun ini, jika disepakati untuk pelaksanaan anggaran tahun depan coba kita antisipasi keterbatasan anggaran dengan menyisihkan anggaran-anggaran pada Subbag untuk kegiatan yang bersifat urgent,” ajaknya.

Menyamakan persepsi dalam pelaksanaan anggaran dalam sebuah Satker ataupun kantor merupakan salah satu upaya penataan administrasi keuangan yang akuntabel dimana aturan yang sama penjabarannya dan implementasinya juga sama.

“Menyamakan persepsi dalam mengimplementasikan peraturan keuangan merupakan hal penting, bagaimana kita menyikapi dan menerapkan peraturan nanti akan dibuat semacam edaran dari Bagian Tata Usaha untuk jadi acuan bagi satker-satker yang ada di Kanwil Kemenag Prov. Jateng,” ungkap Nurkholis dengan lugas.

Dalam rapat tersebut juga dibahas persiapan Hari Amal Bhakti (HAB) yang akan dilaksanakan menyesuaikan edaran dari Kemenag pusat. (qq)