Gelar Literasi Bertajuk “Budayakan Hobi Baca Sejak Dini”

Kab. Pekalongan – Dalam rangka melaksanakan program perpustakaan, pada Kamis (16/12/2021), bertempat di ruang perpustakaan dan di lingkungan MTsN 2 Pekalongan, digelar sebuah kegiatan yang bertemakan “Budayakan Hobi Baca Sejak Dini”. (Kamis, 16/12/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi MTsN 2 Pekalongan sebagai salah satu kegiatan seusai pelaksanaan PAS. Kegiatan yang digagas oleh Kepala Perpustakaan, Noor Lu’lu’atuzzakiyah, S.Ag ini dipusatkan di halaman madrasah. Siswa terlebih dahulu diberikan arahan tentang kegiatan secara umum.

Dalam arahannya, guru bahasa arab itu menjelaskan bahwa kegiatan “Budayakan Hobi Baca Sejak Dini” bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi pada diri siswa, mengingat gencarnya perkembangan teknologi informasi dan maraknya sosial media telah banyak mempengaruhi pola pikir maupun kebiasaan para remaja.

“Kebiasaan membaca sejak dini perlu ditanamkan sejak dini. Meskipun teknologi, sosial media sekarang berkembang dengan sangat pesat, anak-anak harus tetap kita bimbing agar cinta membaca buku sebagai sumber wawasan dan pengetahuan yang baik. Harapannya dengan membiasakan mereka membaca, kemampuan literasi akan meningkat, wawasan bertambah, karakter disiplin akan terbentuk, dan bisa saja akan terlahir penulis-penulis hebat dari madrasah kita.” tuturnya.

Setelah diberikan arahan, para siswa menuju ke perpustakaan untuk meminjam buku. Mereka dibebaskan untuk meminjam buku kategori apapun, baik fiksi maupun non fiksi. Dari pengamatan tim redaksi, sebagian besar siswa tertarik untuk membaca buku fiksi. Setelah mendapatkan buku, mereka membaca di beberapa sudut baca. Ada yang di serambi mushola, di depan kelas, maupun di perpustakaan itu sendiri. Selain membaca, mereka juga diwajibkan untuk menulis resensi dari buku yang dibaca. Hal ini sebagai bukti bahwa mereka telah benar-benar membaca dan memahami isi bacaan tersebut.

Para siswa mengikuti kegiatan dengan antusias, apalagi dengan adanya doorprise bagi yang berani tampil di depan teman-temannya untuk membacakan puisi dengan tema “Ibu” hasil karya mereka sendiri. Kegiatan literasi ini berlangsung sejak pukul 8.00 hingga 9.30 WIB. Salah satu siswa, Merliana mengungkapkan rasa senangnya bisa mengikuti kegiatan ini.

“Senang sekali bisa membaca bersama teman-teman di madrasah. Apalagi dapat doorprise.” ungkap siswi kelas 7D yang ternyata aktif menulis cerpen di sebuah aplikasi menulis online ini.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti, S.Pd.,M.Si.,M.Pmat menyambut baik sekaligus mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Ia juga memberikan dukungan kepada semua program perpustakaan yang baik dan bertujuan menciptakan iklim literat di kalangan civitas akademika.

“Selamat atas penyelenggaraan kegiatan Budayakan Hobi Baca Sejak Dini ini. Tentu kami selaku pimpinan mendukung penuh dan akan terus mendorong berkembangnya budaya Literasi di madrasah. Apalagi dengan adanya Assesment Nasional yang menguji kemampuan siswa dalam literasi. Sudah barang tentu, kita harus bersama-sama membiasakan budaya baca pada diri siswa agar kemampuannya dalam menganalisis juga meningkat.” ungkapnya. (Why/Ant/bd).