Guru RA Jateng Difasilitasi Material Teaching Kit Untuk Tingkatkan Kualitas Mengajar

Semarang (Humas) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Pendidikan Madrasah menggandeng Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Pemanfaatan Media Audio/ Radio untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal (RA) yang digelar di Aula lt. 3 Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Jumat (10/12).

Agus Mahasin selaku Kepala Seksi Guru Bidang Pendidikan Madrasah mewakili Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad dan Kabid Pendidikan Madrasah, Saifulloh membuka kegiatan pagi ini dan menyatakan bahwasannya kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas mengajar Guru RA.

“Syukur alhamdulilah kegiatan fasilitasi untuk Guru RA dapat terlaksana hari ini, kegiatan ini memang perlu diadakan supaya dapat meningkatkan kualitas mengajar dari Guru-guru RA yang ada di Jawa Tengah. Sebab bila kualitas mengajar semakin baik maka kualitas belajar anak juga akan membaik,” tutur Agus.

“Apabila berbicara terkait Guru RA, banyak harapan kepada panjenengan (kalian), yang pertama dari sisi standarisasi kualifikasi sebab Kemenag memiliki kebijakan baru dengan adanya KMA pengangkatan guru di Madrasah Swasta. Sehingga ada standarisasi bagaimana yayasan mengangkat guru dan ada kontrol dari Kemenag. Yang kedua adalah jangan pernah berhenti mengembangkan diri, kesempatan pagi ini jadi sangat istimewa supaya panjenengan semua dapat terus mengembangkan diri,” imbuhnya. 

Selaras dengan Agus Mahasin, Ibnu Hidayat selaku perwakilan dari Tim BPMRPK mendukung kegiatan ini supaya dapat terus meningkatkan kualitas mengajar dari  Guru-guru RA di Jawa Tengah.

“Kerjasama antara Kemenag dan Kemendikbud yang dalam hal ini melalui Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan BPMRPK bisa terus berlanjut di kemudian hari. Jadi maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan fasilitasi hari ini adalah kami ingin memfasilitasi dan membimbing ibu/bapak sekalian mengenai media pembelajaran menggunakan audio untuk pendidikan anak usia dini,” tutur Ibnu.

Setiap guru yang hadir akan mendapat Material Teaching Kit yang berisi buku panduan, media player mp3 serta katalog media player. Sebelum bimtek mengenai penggunaan media player tersebut, guru-guru akan dibekali mengenai Psikologi perkembangan Anak Balita yang disampaikan oleh Qurrotu Aini yang merupakan Widyaiswara Pusdiklat Kemenag.

Jadi di dalam perangkat media player tersebut sudah terdapat 177 konten audio yang terdiri dari gerak dan lagu anak ceria, cerita imajinasi anak, MAPAUD (Media Audio Untuk Paud) yang berisi permainan, nyanyian, cerita dan senam fantasi. Sehingga apabila media player ini digunakan dalam pembelajaran luring maka guru tetap dituntut aktif untuk memperagakan atau mengajarkan secara visual kepada anak. Diharapkan  Material Teaching Kit ini dapat berguna bagi guru dan mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar di tingkat RA. Tak perlu risau, sebab konten audio tersebut dapat diunduh secara gratis di radioedukasi.kemdikbud.go.id atau pada aplikasi Radio Edukasi yang tersedia di PlayStore bagi pengguna android. (pqq)