Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad menghadiri Penyerahaan Dipa & Daftar Alokasi TKDD Tahun Anggaran 2022 Provinsi Jawa Tengah

Semarang (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad menghadiri Penyerahaan Dipa & Daftar Alokasi TKDD Tahun Anggaran 2022 Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di Gedung Gradhika Bakti Praja, Jalan Pahlawan Semarang, Kamis, 9/12.

Acara penyerahan DIPA dan Rincian Alokasi TKDD ini merupakan rangkaian dari acara penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD tingkat Nasional yang diadakan di Istana pada tanggal 29 November 2021. Penyampaian daftar secara lebih awal merupakan komitmen Pemerintah untuk melakukan akselerasi pemulihan ekonomi, dan reformasi struktural lebih cepat.

Dengan tema Melanjutkan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural, diharapkan tahun 2022 tetap untuk memprioritaskan kebijakan dalam penanganan covid-19. Meskipun ada penurunan alokasi anggaran 7.35%, diharapkan untuk tetap dapat memaksimalkan outputnya bagi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Jawa Tengah.

Alokasi belanja APBN Tahun 2022 untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah secara keseluruhan sebesar Rp100,41 triliun, yang terdiri dari :alokasi Belanja K/L sebesar Rp35,43 triliun dan alokasi Dana TKDD sebesar Rp64,98 triliun. Dibandingkan dengan alokasi tahun 2021, alokasi dana belanja K/L dan TKDD tahun 2022 mengalami penurunan, yaitu : alokasi belanja K/L mengalami penurunan sebesar 14,63%; dan alokasi TKDD turun sebesar 1,32%. Penurunan alokasi anggaran tahun 2022 di Jawa Tengah tersebut merupakan kebijakan pemerintah yang saat ini memprioritaskan upaya penanganan pandemi covid-19 yang dananya sebagian besar dialokasikan di pusat.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa tahun 2022 kita dapat fokus untuk bangkitnya ekonomi, terutama ekonomi kreatif.

“Di Jawa Tengah kini sudah banyak berkembang UMKM berbasis digitalisasi,” jelasnya.

Ganjar turut menjelaskan selama ini Jateng masih mengendalikan pandemi. Meski begitu, keberlanjutan ekonomi harus tetap berjalan.

“Melanjutkan reformasi penganggaran penting untuk dilakukan,” tambahnya.

Kegiatan dirangkai dengan pengumuman pengharagaan pengelolaan DIPA dan TKDD 2022 yang terdiri dari 9 kategori Nominasi dan terdapat 26 Satker yang meraih penghargaan.

Dalam pengghargaan tersebut Kanwil Kemenag Prov. Jateng meraih ‘’Pengharagaan Satuan Kerja Terbaik III Kinerja Belanja Anggaran Belanja Modal dan Mesin Tahun 2021’’.

bqq