Kalibrasi Arah Kiblat di Musholla Lingkungan Kantor Pemda Kab. Pekalongan

Kab. Pekalongan – Seksi Bimas Islam melaksanakan kalibrasi arah kiblat di Musholla lingkungan Kantor Pemda Kab.Pekalongan, Kamis 2 Desember 2021.

H.Moh.Irkham,S.Ag.,M.Pd.I selaku kasi Bimas Islam Kankemenag kabupaten Pekalongan menyampaikan, “Kalibrasi ini dilaksanakan berdasarkan permohonan Pemda kabupaten Pekalongan. Ada beberapa musholla di dalam lingkungan kantor Pemda kabupaten Pekalongan, mereka ingin menyamakan arah kiblat maka kita selenggarakan pengukuran.” ujarnya.

“Ketika melaksanakan pengukuran dengan kompas memang ada kesulitan karena lingkungan bangunan banyak medan magnit sehingga hasilnya berbeda antara satu dan lain tempat, maka kami mengadakan perhitungan dengan melihat posisi bayangan matahari dan kita cari posisi kiblat dengan menggunakan bayang-bayang tersebut, selanjutnya kita gunakan aplikasi pendukung guna ke akuratan, setelah kita mendapat arah kiblat kita cari selisih derajat dengan posisi keramik lantai pemda dan kita terapkan di seluruh musholla yang berada dilingkungan kantor yang sulit diadakan pengukuran karena tertutup.” jelas H.Moh.Irkham. (Irk/Ant/bd).