Lomba Rebana Untuk Meningkatkan Apresiasi Seni, Kecerdasan, Emosi dan Estetika

Mungkid – Selain Cabang olah raga yang diperlombakan dalam serangkain kegitan memperingati HAB ke-76 Kementerian Agama tersebut, ada juga perlombaan cabang bidang seni yaitu lomba rebana yang juga diadakan di komplek kankemenag Kab. Magelang, Rabu, (23/12/2021).

Lomba cabang seni rebana tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Sub Bag TU Kankemenag Kab. Magelang, Khoironi Hadi,mewakili Kepala Kantor.

Disampaikan oleh Khoironi Hadi bahwa lomba cAbang seni ini dilaksanakan untuk meningkatkan apresiasi terhadap karya seni, kecerdasan emosi dan estetika. “Lomba rebana yang rata-rata syair nya adala Shalawat juga bisa ide perdamaian misalnya zaman dahulu ada acara mendukung perdamaian digelarnya satu bentuk acara seni shalawatan “Titihan muhibah” yang menampilkan karya seni Bangsa Indonesia dan Malaysia,” ungkap Khoironi Hadi.

Menurut Kepala Sub Bag TU Seni Rebana Shalawat berisi tentang sejarah-sejarah Nabi Muhammad Saw untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari serta dalam bermasyarakat alam urusan rohani kita sebagai umat muslim seharusnya lebih meningkatkan ketaatan kita dalam menyembah Allah, banyak hal yang bisa menjadikan kita lebih dekat kepada Allah salah satunya adalah dengan cara atau perantara bersholawat kepada Nabi.

“Menurut Al-Ghazali shalawat adalah harapan dan permohonan dengan sepenuh hati untuk memohonkan kesempurnaan dan ikut bersuka cita atas segala karuniaNya yang dianugerahkan kepada Nabi Muhammada dan ada cenderungan kita untuk miniru dan manauladani perbuatan Nabi,” jelasnya.

Menyinggung terkait pelaksanaan berbagai lomba dalam rangka memperingati HAB kementerian Agama ke 76, Khoironi Hadi menyampaikan Keberhasilan penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan ditentukan oleh komitmen, peran, kontribusi dan partisipasi semua pihak, terutama pimpinan dan jajaran Kantor Kementerian Agam Kabupaten Magelang.(toy/Sua).