Madrasah Jawa Tengah Sukses Kantongi 6 Medali MYRES 2021

Semarang (Humas) – Siswa-siswi kebanggaan Madrasah Jawa Tengah kembali menorehkan kemenangan pada ajang bergengsi Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) atau biasa disebut Madrasah Riset Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia. Penganugerahan Pemenang MYRES “INDONESIAN MYRES EXPO & EXHIBITION 2021” dilaksanakan di Hotel Shangrilla, Surabaya pada Senin (6/12).

Seluruh peserta MYRES 2021 telah melakukan presentasi hasil penelitian yang mereka lakukan selama 2 (dua) bulan sejak September s.d. Oktober 2021 di bawah bimbingan dan pendampingan dewan juri yang telah ditunjuk Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Adapun bidang keilmuan yang menjadi fokus penelitian yakni (1) Ilmu Keagamaan Islam (Religious Studies); (2) Ilmu Sosial dan Kemanusiaan (Social and Humaniora) dan; (3) llmu Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi (Math, Science, and Technological Development). Segenap kontingen dari Jawa Tengah terlihat antusias mengikuti serangkaian acara dari kompetisi tingkat nasional tersebut.

Berkat kegigihan usaha dan doa dari seluruh pihak, dengan bangga Kontingen Jawa Tengah mempersembahkan medali kemenangan. Berikut adalah data para juara:

A. Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs)
– Aliyah Khuzawa dan Za’idatun Nadliroh dari MTsN 1 Surakarta berhasil meraih Juara 3 dalam Bidang Ilmu Keagamaan dengan judul Peran Ulama Keraton Dalam Kegiatan Keislaman Keraton Solo.
– Kasih Rhafa Caroline dan Naura Alysia Arvianto dari MTsN 1 Kota Semarang berhasil meraih Juara Harapan 1 dalam Bidang Sains Matematika dan Pengembangan Teknologi dengan judul Pembuatan Biopolybag Berbahan Baku Limbah Ampas Tebu Dengan Teknologi Sistem Full Cooking Serta Cylinder Mould.
– Kaisha Raihanuun Irsha dan Najwa Mutia Tsani dari MTsN NU Banat Kudus berhasil meraih Juara Harapan 2 dalam Bidang Sains Matematika dan Pengembangan Teknologi dengan judul “BEWE” Aplikasi Becak Wisata Berbasis Android.


B. Jenjang Madrasah Aliyah (MA)
– Ayu Setianingrum dan Putri Nur Maftukha dari MAN 1 Kudus berhasil meraih Juara 1 dalam Bidang Sains Matematika dan Pengembangan Teknologi dengan judul Karateristik Komposit Silikon Karbrida (SIC) dari Jerami dan Sekam Padi Sebagai Matrial Termoelektrik Ramah Lingkungan.
– Hanan Zahiyah dan FItria Mar’atul dari MAN 2 Brebes berhasil meraih Juara Harapan 2 dalam Bidang Sosial dan Humaniora dengan judul Perlindungan Sosial terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Lansia Terlantar di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes.
– Maulida Aulia Rahmah dan Alfiya Hamida dari MA NU Banat Kudus berhasil meraih Juara Harapan 3 dalam Bidang Ilmu Keagamaan dengan judul Psikoneuroimunologi Secara Qur’ani (Studi Pengaruh Murottal Al-quran Terhadap Stress Psikologis Pada Lansia di Kudus).

“Perolehan medali tahun ini lebih baik bila dibanding tahun dulu. Ini menunjukkan bahwa siswa siswi madrasah memiliki kemampuan yg tidak kalah dengan sekolah lainnya, mampu melakukan penelitian untuk menemukan teori baru yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Saifulloh selaku Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

“Insyaallah selama proses penelitian berlangsung, anak-anak mendapat pengawasan dan bimbingan dengan baik. Usaha tidak menghianati hasil, Madrasah Jawa Tengah berhasil meraih 6 medali, syukur alhamdulilah,” imbuhnya. (pqq)