Matangkan Konsep Peringatan HAB Kemenag Ke 76, Kankemenag Wonosobo Gelar Rapat Pleno

Wonosobo – Dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 76 tahun 2022 mendatang, Kankemenag Kab. Wonosobo melalui Pantia HAB yang telah terbentuk pada tanggal 2 Desember 2021 yang lalu, gelar rapat pleno Panitia HAB ke 76 pada hari Senin, (13/12) di Aula Kankemenag setempat.

Menurut Nawawi, selaku Ketua Umum HAB ke 76 Kankemenag Kab. Wonosobo menyampaikan bahwa rapat pleno digelar sekaligus merancang berbagai kegiatan untuk mengisi HAB ke 76. “Panitia sudah terbentuk. Selanjutnya tinggal mematangkan konsep peringatan HAB ke 76 dari rangkaian acara maupun pelaksanannya,” kata Nawawi.

Mengawali rapat pleno, Kakankemenag Kab. Wonosobo dalam sambutannya berpesan agar dalam merancang berbagai macam kegiatan HAB yang akan dilakukan tetap mengindahkan protokol kesehatan lantaran pandemic masih melanda. “HAB kali ini mungkin harus dikemas lebih sederhana tanpa meninggalkan maknanya. Melihat situasi saat ini masih ditengah pandemic, mungkin kegiatannya tidak bisa dilakukan semeriah tahun lalu karena pertimbangan keselamatan dan kesehatan,” kata Farid.

Farid juga berpesan agar dalam pelaksanaan HAB sinergi lintas sektoral juga dimaksimalkan.

Selanjutnya, usai rapat pleno yang berjalan selama dua jam, mulai pukul 13.00 wib – 15.00 wib berakhir, Nawawi, dalam keterangannya menyampaikan telah disepakati berbagai macam kegiatan diantaranya bakti sosial dan ziarah makam.

“Adapun kegiatan untuk mengisi HAB ke 76 yaitu Upacara, Tasyakuran, Baksos, Donor Darah, Ziarah, Pencanangan ZI dan Lomba Dharma Wanita,” terang Nawawi.

Ia juga menjelaskan, terkait waktu pelaksanaan kegiatan dimulai dari tanggal 16 Desember 2021 mendatang diawali dengan Pencanangan ZI oleh Bupati Wonosobo di Aula Kankemenag Kab. Wonosobo,

“Tanggal 16 Desember dimulai rangkaian kegiatan pertama yaitu pencanangan ZI, 20 Desember Bhakti Sosial berupa distribusi Zakat, 21 Desember Lomba Dharma Wanita, 22 Desember Ziarah Kubur, dilanjutkan bulan Januari yaitu tanggal 3 upacara dan tasyakuran, serta tanggal 3 sampai 7 Januari Pekan Donor Darah,” tandas Nawawi.

Ia berharap rangkaian kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa meninggalkan makna dari peringatan HAB ke 76 meskipun ruang lingkup dan gerak terbatas lantaran Pandemi.(Ps-ws/Sua)