Menggapai Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Temanggung – Kantor Urusan Agama Kecamatan Bulu bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Bulu menyelenggarakan kegiatan Kursus Calon Pengantin dan Pengantin Baru (Suscatin). Kegiatan tersebut diselengarakan  di Aula Kantor Urusan Agama Kecamatan Bulu, dengan dihadiri oleh 20 pasang calon pengantin dan pengantin baru yang mencatatkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung, Kamis (16/12).

Dalam kegiatan tersebut sebagai  narasumber dari masing-masing penyelenggara yaitu Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Bulu, H. Syaefuddin dan dari Puskesmas Kecamatan Bulu Desy Rakhmawati.

Tujuan diselenggarakan Kursus calon pengantin dan pengantin baru ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan kepada calon pengantin dan pengantin baru meliputi pengetahuan tentang bagaimana menggapai rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah dan juga pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, begitu disampaikan H. Syaefudin dalam sambutan pembukaannya.

“Untuk menggapai keluarga yang sakinah mawaddah warahmah ada beberapa point penting yang harus dilaksanakan oleh masing-masing pasangan suami istri diantaranya adalah saling menghormati dan saling menghargai, mau menerima apa adanya, tidak membicarakan kekurangan pasangan, tidak mengungkit masa lalu pasangan, lebih baik membicarakan masa depan, jangan lupa beribadah, bekerja yang baik dan benar, tidak menuntut pasangan secara berlebihan, mensyukuri apa yang ada, jika punya anak wajib memberikan nama yang bagus dan mendoakan kebaikan untuk anak-anaknya,” ungkapnya.

Sementara narasumber dari Puskesmas, Desy Rakhmawati memaparkan materi tentang pentingnya kesehatan reproduksi, tentang penyakit menular seksual, kehamilan, resiko selama kehamilan dan juga pengetahuan tentang persalinan. Kegiatan berjalan dengan lancar, peserta yang hadir terlihat semangat mengikuti jalannya acara dari awal sampai akhir, dan juga antusias bertanya pada sesi tanya jawab. “Banyak ilmu baru yang kami dapat hari ini.” kata Rina salah satu peserta suscatin. (Ym/bd)