MI NU Kesesi Peduli Erupsi Semeru

Kab. Pekalongan- MI NU Kesesi mengikuti kegiatan doa bersama dan penggalangan donasi untuk korban erupsi gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Musholla Baituttoat, Kauman-Kesesi. (Senin, 13 Desember 2021).

Maslikhatul Umami, S.Pd selaku wali kelas 3 MI NU Kesesi mengatakan, “kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih siswa-siswi supaya terbangun sikap peduli terhadap sesama makhluk hidup. Terutama bagi mereka yang membutuhkan bantuan. Tidak hanya itu, dengan kegiatan ini artinya kami telah mengamalkan butir Pancasila sila pertama dan ketiga. Sila ke-3 yang berbunyi Persatuan Indonesia, dengan dasar persatuan apabila ada yang tertimpa musibah maka kita akan merasakan kesakitan yang sama dan tergerak untuk membantu.” ujarnya.

Sementara itu Diah Safitri selaku wali kelas 1A menyampaikan, “Alhamdulillah, terimakasih kepada siswa-siswi dan orang tua siswa-siswi MI NU Kesesi yang telah memberikan donasi terbaiknya. Semoga amal baik ini diterima Allah subhanahu wa ta’ala dan Allah balas dengan kebaikan yang lebih.” Ucapnya.

Menurut Sheiza Putri Agustina, siswi kelas V menyampaikan, “Saya senang bisa memberikan uang untuk korban Gunung Semeru, walaupun sedikit.” tuturnya bangga.

Seluruh siswa-siswi MI NU Kesesi mengikuti rangkaian (tahlil) doa bersama di musholla Baituttoat dengan khusyuk. Doa bersama tersebut dipimpin oleh ustadz Ali Rosyidi.

Sebelum Doa bersama, ananda melaksanakan sholat dhuha yang memang sudah menjadi kebiasaan MI NU Kesesi sebelum Kegiatan Pembelajaran dimulai. Usai sholat dhuha dilanjutkan Galang dana yang dibantu oleh ustadz dan ustadzah MI NU Kesesi. Kemudian yang terakhir Doa Bersama untuk korban Erupsi Gunung Semeru.

“Harapan dari kegiatan ini untuk siswa-siswi, semoga dapat membangun karakter atau sikap empati dan peduli terhadap sesama.” tutur ustadz Ali Rosyidi.

“Sedangkan harapan untuk korban, semoga diberi ketabahan dan keikhlasan. Donasi yang terkumpul bisa meringankan beban” lebih lanjut ustadz Ali Rosyidi menambahkan. Donasi yang terkumpul sejumlah Rp. 1.020.000 dan langsung disalurkan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. (Rni/Ant/bd).