MTsN Surakarta 1 Sabet Juara III di Ajang Myres 2021

Surakarta: Tim Myres MTsN Surakarta 1 menorehkan prestasi tingkat nasional di bidang riset. Aliyah Khuzama (9FD1) dan Zaidatun Nadliroh (9PK1) yang dibimbing oleh Ibu Nirmala Fitri Qomariyah, SPdI berhasil meraih juara 3 tingkat nasional Madrasah Young Research Super Camp (Myres) 2021 yang digelar Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama (Kemenag), pada 3-6 Desember 2021.

Kementerian Agama (Kemenag) yang telah mengumumkan para pemenang Madrasah Young Reseaarch Super Camp (Myres) 2021  bersamaan dengan dengan acara pembukaan International Conference on Madrsah Reform (ICMR) di Surabaya. Ajang ini dibagi dalam dua jenjang, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).   

Alhamdulillah, setelah melalui proses seleksi yang panjang dan ketat,Tim Myres MTsN Surakarta 1 berhasil menjadi juara 3 tingkat nasional pemenang ajang Myres 2021,” ungkap Nirmala selaku pembimbing dari Tim Myres MTsN Surakarta 1.

“Menurut kami, MYRES merupakan ajang yang bergengsi, karena di MYRES madrasah-madrasah dari berbagai daerah bisa bersaing dengan judul penelitian yang unik dan inovatif,” tutur Aliyah Khuzama. .

Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2021 adalah ajang lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI tentang lomba karya tulis ilmiah siswa madrasah berbasis riset bagi siswa MTs dan MA. MYRES 2021 dikelompokkan pada 3 bidang yaitu ilmu keagaman islam, ilmu sosial kemanusiaan, ilmu matematika sains dan pengembangan teknologi.

Adapun Myres bertujuan mengembangkan potensi intelektual siswa madrasah, sekaligus mendorong pencapaian hasil penelitian mereka yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.

Tahapan lomba ini dilakukan dengan berbagai tahapan yaitu dari pendaftaran pengunggahan proposal (Tahap I), presentasi proposal terpilih (Tahap II), workshop bimbingan dan pendampingan, presentasi hasil penelitian, dan tahap terakhir adalah EXPO 2021 yang penelitian berhasil hingga grand final

Mulai tanggal 25 Juni hingga 30 Juli 2021 MTsN Surakarta 1 mendaftarkan 22 proposal penelitian. Siswa-siswa ini didampingi oleh guru-guru MTS Negeri Surakarta 1 sebagai pembimbingnya. Hingga pengumuman proposal terpilih dari ribuan proposal yang masuk ke panitia lomba hingga tahap akhir penelitian MTSN 1 Surakarta maju ke tahap akhir yaitu merk Expo 2020 1 yang diadakan di Surabaya dari tanggal 3 sampai 6 Desember 2021.

            “Alhamdulillah proposal penelitian keagaamaan dengan judul “Peran Ulama Keraton dalam Kegiatan Keislaman di Keraton Solo” lolos dan menjadi juara 3. Terima kasih kami ucapkan pada semua bapak ibu guru dan pembimbing yang telah mendampingi Tim Myres. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi penelitian tahun berikutnya, tutur Mihati Latifah, Sie Prestasi. “Perjuangan yang panjang membuahkan hasil yang membanggakan. Ternyata semakin sulit perjuangan akan semakin indah saat mencapai kemenangan, “tambah Mihati.(Nur Asih/ Diana/bd)