Munaqosah TPQ Raudhatul Mujahidin MIM Kauman

Kab. Pekalongan- Halaman MIM Kauman tampak ramai, tidak seperti hari ahad biasanya. Siswa-siswi kelas 6 dengan gamis dan kurta baru birunya nampak berpamitan dengan orang tua masing-masing dan tengah mempersiapkan diri di ujian munaqosah. (Ahad, 12 Desember 2021).

Ujian Munaqosah TPQ Raudhatul Mujahidin adalah program dari TPQ naungan MIM Kauman yang dilaksanakan setiap tahun bagi siswa siswi kelas 6 untuk mengukur kemampuan siswa dalam melaksanakan  kurang lebih 5,5 tahun pembelajaran di TPQ Raudhatul Mujahidin.

Adapun kegiatan ini diketuai oleh Waka keagamaan Novi Astriani,S.Pd. bersama dengan Wali kelas 6 M.Mirza, S.Pd.,; Caritun, S.Pd; Sri Thohiroh, S.Pd.I. serta di dampingi Waka kesiswaan M. Sukron, S.Pd. Peserta munaqosah adalah siswa kelas 6A, 6B dan 6C sejumlah 73 peserta dan 2 anak ijin karena sakit.

Beberapa materi yang diujikan di munaqosah antara lain : Gerakan dan hafalan sholat, membaca Al Qur’an dengan tartil sesuai kaidah ilmu tajwid, tes tertulis ilmu tajwid, hafalan surat pendek, hafalan ayat-ayat pilihan dan hafalan doa sehari-hari.

“Kegiatan munaqosah tahun ini alhmadulillah lancar, anak-anak sangat semangat sekali mengikutinya. Meskipun ada yang berhalangan hadir karena sakit, tapi itu bukan kendala, dua siswa ini bisa melakukan ujian  susulan ke panitia penguji LKP2 TPQ Aisyiyah Kabupaten Pekalongan.” kata Waka Keagamaan Novi Astriani selaku Ketua Panitia.

Dengan kegiatan munaqosah ini kegiatan TPQ di MIM Kauman mencapai finalnya. Siswa -siswi akan mendapatkan ijasah TPQ nantinya saat kelulusan kelas 6. Begitulah program unggulan MIM Kauman dengan dual programing. Siswa lulusan MIM Kauman mendapatkan dua ijasah sekaligus.(Lia/Ant/bd).