Pembiasaan Sholat Dhuha Siswa-Siswi Kelas 6 MIM Kauman

Kab. Pekalongan-Sudah dua hari ini pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) 1 berjalan dengan lancar. Ada sisi berbeda yang tampak di musholla MIM Kauman setiap pagi. Sebelum PAS 1 dilaksanakan pukul 07.30 WIB, Siswa-siswi kelas 6 melaksanakan pembiasaan sholat dhuha bersama di musholla MIM Kauman. Letak musholla bertepatan dengan pintu masuk gerbang madrasah, sehingga saat siswa-siswi berangkat langsung bisa menempatkan diri di musholla.

Kegiatan pembiasaan ini merupakan program Waka keagamaan bersama wali kelas 6 yang bertujuan untuk membiasakan siswa-siswi melaksanakan sholat sunnah dhuha. Kegiatan ini akan berlangsung selama PAS 1, mulai tanggal 1 s.d 9 Desember 2021 dari pukul 06.40 WIB  hingga 07.15 WIB. Sholat dengan dua rokaat dipandu oleh guru TPQ pengampu kelas 6 ustadz Bashori dan didampingi oleh guru TPQ pengampu kelas 6 lain seperti ustadzah Ikromah, Ustadzah Tarofin, Ustadzah Muthia serta masing-masing wali kelas 6A,6B,6C.

Kegiatan yang dilakukan setelah sholat dhuha, ada kegiatan lain yang masih satu rangkaian untuk siswa kelas 6 yaitu persiapan munaqosah TPQ Roudhotul Mujahidin yang akan dilaksanakan tanggal 12 Desember 2021 nantinya. Persiapannya yaitu siswa-siswi berdoa bersama dengan melafalkan ayat-ayat pilihan, doa sehari-sehari serta bacaan sholat.

Kepala Madrasah, Djoko Susilo, S.Pd.SD.,bersama para Wakil Kepala Madrasah selalu memantau kegiatan di pagi hari. Memastikan semua kegiatan di pagi hari berjalan dengan kondusif.

“Harapan kami pembiasaan ini selain untuk mengawali kegiatan PAS 1 dengan ibadah dan doa bermunjat kepada Allah SWT, juga agar siswa siswi siap dalam menghadapi ujian munaqosah TPQ yang akan diuji oleh LKP2 Kabupaten Pekalongan mendatang pada tanggal 12 Desember 2021.” tutur Djoko Susilo saat memberikan pembinaan di tengah-Tengah siswa kelas 6 di musholla rabu pagi. (Lia/Ant/bd).