Pembinaan Takmir Masjid di Wilayah Kab. Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab.Pekalongan-Bupati Pekalongan Fadia Arafiq,S.E.,M.M, berkesempatan melakukan acara Pembinaan Takmir Masjid, yang diselenggarakan di Aula lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan. Rabu (15/12/2021)

Bertindak selaku pemateri adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag. Dalam pembinaan tersebut Bupati Fadia menyampaikan bahwa mulai tahun 2022 mendatang, selain marbot dan takmir masjid, pengurus masjid serta penjaga makam direncanakan juga akan mendapat insentif per tahunnya dari Pemkab Pekalongan.

Menurut Fadia, insentif yang akan diberikan oleh Pemkab Pekalongan kepada pengurus masjid dan penjaga makam memang tidak banyak jumlahnya, tetapi Ia berharap mereka tidak melihat dari segi jumlah, melainkan dapat melihat dari bentuk perhatian yang pemkab berikan.

“Selama ini marbot semuanya yang berjumlah 846 orang sudah diperhatikan di tahun 2021. Tetapi setelah saya jadi bupati, saya tambahi selain marbot, pengurus masjid pun akan saya berikan bantuan. Satu masjid kita berikan satu tahunnya memang tidak banyak, mohon maaf karena masjidnya banyak sekali, jadi kami hanya bisa memberikan 300 ribu per masjid,”kata Bupati Fadia Arafiq.

Selanjutnya, Fadia menuturkan bahwa tujuan dari pihaknya yang akan memberikan insentif kepada penjaga makam dan pengurus masjid, adalah supaya mereka bisa menjalankan tugas secara maksimal. Apalagi menurut Fadia, tugas yang mereka jalankan itu tidak mudah karena menuntut adanya konsistensi yang tinggi.

“Menjadi pengurus masjid, menjadi imam masjid itu dipikir orang lain mudah. Tetapi saya rasa kalau kita tidak punya rasa cinta kepada Allah dan masyarakat itu tidak mudah karena kegiatan ini kan konsisten secara terus menerus,’’ ungkapnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Fadia juga mengucapkan terimakasih kepada takmir masjid yang hadir dalam pembinaan, atas kinerja maksimal yang mereka berikan untuk mengabdi kepada umat dalam rangka menghidupkan masjid.

“Saya sangat menghargai sekali bapak-bapak takmir masjid, dan terimakasih sudah menjaga masjid kita bersama dengan baik, menjaga kerukunan dengan baik. Dan juga Insyaallah kegiatan-kegiatan kita di masjid pun itu positif untuk masyarakat Kabupaten Pekalongan.” tuturnya.(Lus/Ant/bd).