Pembinaan Takmir Masjid Kabupaten Pekalongan

Kab. Pekalongan – Penyuluh Agama Islam Fungsional kecamatan Bojong, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pokjaluh kabupaten Pekalongan, Zamroni, S.H.I menjadi Moderator dalam kegiatan Pembinaan Takmir Masjid kabupaten Pekalongan. (Rabu, 15/12/2021).

Acara yang dilaksanakan di Aula Lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan di ikuti peserta sejumlah 200 orang takmir masjid yang berasal dari tiga kecamatan (Kajen, Karanganyar dan Kedungwuni).

Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kab. Pekalongan, dengan tujuan silaturrahim antara takmir masjid dengan Bupati Pekalongan, Hj. Fadia Arafiq, SE. MM.

Ibu Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para Takmir Masjid karena mereka telah secara tulus dan ikhlas mengorbankan sebagian waktunya dalam memakmurkan masjid.

Kepala Kankemenag kabupaten Pekalongan H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag yang menjadi Nara sumber pada kegiatan tersebut menyampaikan materi Standar Pengelolaan Masjid.

Menurut H. Kasiman Mahmud Desky , pada zaman Nabi Muhammad SAW, masjid disamping berfungsi sebagai tempat Ibadah dan Pengajian atau Lembaga Pendidikan, maka pada zaman sekarang, fungsi masjid dapat diperluas pengelolaannya oleh para takmir masjid seperti, sebagai pemberdayaan ekonomi umat, kegiatan sosial kemasyarakatan, kesehatan dan lain sebagainya.

“Kami berpesan dan wanti-wanti kepada para Takmir masjid untuk dapat menjaga masjid dari oknum-oknum yang mempunyai niat merubah amaliyah ibadah yang sudah biasa dilaksanakan.”ujarnya. (Zmr/Ant/bd).