Pencatatan Data Disabilitas, Program Bagi Penyandang Disabilitas

Kab. Pekalongan – Wakil Bupati Pekalongan H. Riswadi SH hadir dalam acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) DPC Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pekalongan yang dipusatkan di Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati Pekalongan, pada Minggu (19/12/2021) siang.

Disampaikan oleh Riswadi  bahwa Pemerintah Kabupaten Pekalongan mengayomi , melindungi dan memberikan hak yang sama kepada seluruh warga masyarakat kabupaten Pekalongan khususnya untuk para penyandang disabilitas. Pemerintah juga akan selalu mendukung program-program dari disabilitas.

Selain mengucapkan selamat memperingati HDI kepada para difabel dan menyemangati agar mereka tidak berkecil hati, Riswadi juga mengapresiasi seni yang disuguhkan oleh para difabel pada acara tersebut.

“Kepada Bapak/ibu yang hadir, yang secara fisik mungkin tidak sama dengan yang lain, jangan merasa kecil hati karena apapun secara batiniah, bapak/ ibu sama. Tadi juga memberikan kreasi, ternyata tidak kalah dengan orang-orang yang mempunyai postur tubuh yang normal. Bahkan bisa menyuguhkan seni dangdut, tari dan yang lain,” puji Riswadi.

Riswadi menyampaikan pemerintah daerah telah mengeluarkan program bagi penyandang disabilitas, salah satunya adalah pencatatan data disabilitas.

“Yang belum punya e-KTP, program kami di Dukcapil adalah jemput bola. Jemput bola ini dalam rangka mendata jumlah disabilitas di kabupaten Pekalongan. Ternyata datanya lebih dari 5000, maka jika ini tidak terdata, otomatis mereka tidak memperoleh hak-hak yang lain. Karena sekarang apapun, semisal untuk menghitung angka kemiskinan, pengangguran, bantuan social seperti BLT, BST. Intinya semua by data.“ terangnya. (Ar/Ant/bd)