Peningkatan Kompetensi SDM Masjid dan Musyawarah Wilayah Pokjaluh Propinsi Jawa Tengah

Kab. Pekalongan- Ketua Pokjaluh kabupaten Pekalongan H. Amat Sulaiman (PAIF Kecamatan Buaran) beserta Sekretaris Pokjaluh Zamroni (PAIF Kecamatan Bojong) pada akhir November 2021 lalu mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah Bidang Urusan Agama Islam. Kegiatan tersebut berupa Peningkatan Kompetensi SDM Masjid dan Musyawarah Wilayah Pokjaluh Propinsi Jawa Tengah. (Rabu, 1 Desember 2021).

H. Afif Mundzir selaku Plt. Kabid Urais dalam sambutannya mengatakan, “Betapa  pentingnya peningkatan kompetensi SDM dalam pengelolahan Masjid.” ujarnya.

Ia juga menginginkan kepada seluruh peserta untuk berusaha merubah paradigma berfikir tentang pengelolaan dan pemberdayaan jamaah Masjid dengan baik.

“Saya berharap dengan ilmu yang di dapatkan nantinya para peserta dapat mentransformasikan ilmunya kepada masyarakat agar pengelolaan Masjid yang sekarang ini jauh lebih baik ke depannya,” ucapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 70 Penyuluh Agama Islam se-Jawa Tengah yang merangkap sebagai takmir masjid di wilayahnya. Oleh karena itu diharapkan kepada para penyuluh agama Islam ikut berperan aktif dan mensukseskan program memakmurkan masjid dengan gerak langkah memaksimalkan fungsi masjid sebagai pusat pemberdayaan jamaah sehingga masjid menjadi tempat yang aman, nyaman dan jamaah senang beribadah di dalamnya.

“Mari jadikan masjid kita sebagai pusat menyelesaikan persoalan-persoalan keagamaan dan ekonomi umat dan jamaah. Di samping itu, masjid-masjid kita jaga dari gerakan yang menyebarkan paham radikalisme.” sambung H. Afif Mundzir mengakhiri sambutannya.

Sementara pada acara Musyawarah Wilayah Pokjaluh propinsi Jawa Tengah dengan mengambil tema “Mewujudkan Jateng Majeng yang ramah pada semua menuju Indonesia Berakhlaq”.

Pada hari kedua ini berlangsung kegiatan pemilihan ketua Pokjaluh Jawa Tengah yang menetapkan saudara H. Mahsun, MSI, yakni PAIF dari kabupaten Temanggung sebagai Ketua Umum Pokjaluh Propinsi Jawa Tengah periode tahun 2021-2024. (Zmr/Ant/bd).