Peringati HAB ke 76 Kemenag, Kankemenag Wonosobo Distribusikan Zakat Senilai 364 Juta Rupiah

Wonosobo – Melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kab. Wonosobo, Zakat senilai 364 Juta Rupiah akan didistribusikan kepada penerima zakat pada tanggal 20-21 Desember 2021 mendatang. Pendistribusian zakat tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 76 Kemenag oleh Kankemenag Kab. Wonosobo.

“Insyallah sesuai dengan rangkaian agenda peringatan HAB ke 76 yang sudah ditetapkan, kami akan mendistribusikan zakat seniali 364 juta berupa zakat produktif dan konsumtif pada tanggal 20 Desember dari Kankemenag ke KUA dan 21 Desember dari KUA ke Penerima Zakat,” terang Nawawi, selaku Ketua Umum HAB ke 76, sekaligus ketua UPZ Kankemenag Kab. Wonosobo dan Kasi PAIS yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Gara Zawa Kankemenag Kab. Wonosobo, pada hari Rabu, (15/12) diruang HDI.

Lebih lanjut, Nawawi, jelaskan bahwa pendistribusian akan menyasar pedagang kecil sebagai penerima zakat produktif dan orang kurang mampu sebagai penerima zakat konsumtif.

“Penerima zakat mencangkup pedangang kecil dan orang kurang mampu. Untuk zakat produktif dialokasikan senilai 160 juta untuk 160 pedagang di 15 Kecamatan dan lingkungan Kankemenag. Masing-masing orang nantinya akan menerima uang tunai senilai satu juta rupiah,” jelas Nawawi.

Untuk distribusi zakat konsumtif, (imbuh Nawawi) dialokasikan dana 204 juta rupiah yang akan didistribusikan dalam bentuk beras. “Untuk zakat konsumtif berupa beras untuk  1.700 orang kurang mampu di 15 Kecamatan dan Lingkungan Kankemenag. Masing-masing akan mendapat 10 kg beras,” imbuh Nawawi.

Secara teknis ia menjelaskan, pendistribusian di 15 Kecamatan akan dilimpahkan kepada KUA masing-masing Kecamatan, mulai dari pendataan penerima zakat sekaligus penyerahan zakat secara langsung. “Teknisnya nanti dari Kankemenag Kab. Wonosobo akan didistribusikan ke 15 KUA yang ada di Wonosobo selanjutnya KUA akan menyerahkan langsung ke penerima yang sebelumnya telah didata oleh KUA. Kalau yang di lingkungan Kankemenag Kab. Wonosobo nanti akan diberikan secara langsung ke penerima,” tandasnya.

Terkait dengan agenda yang sudah dirancang, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, mendukung adanya kegiatan tersebut. Ia mengatakan sudah sepantasnya memperingati HAB dengan kegiatan yang penuh makna,

“Peringatan itu bukan hanya ceremonial. Tapi harus dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat. Dengan adanya kegiatan bakti sosial dalam bentuk pendistribusian zakat tersebut diharapkan mampu membantu orang-orang yang dirasa pantas menerima zakat tersebut, baik untuk konsumtif atau tambahan modal usaha,” kata Farid.

Ia berharap peringatan HAB ke 76 dapat berjalan dengan lancar hingga puncak acara.(Ps-ws/Sua)