PGRI Unit Khusus Kemenag Temanggung Meraih Prestasi

Temanggung – Puncak peringatan HUT PGRI ke 76 dan peringatan HGN (Hari Guru Nasional) tahun 2021 tingkat Kabupaten Temanggung diisi salah satunya dengan moment penyerahan trophy dan piagam kejuaraan lomba kompetensi guru. Acara yang digelar di aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, dihadiri sebanyak 80 orang guru sebagai pemenang lomba, Kamis (16/12).

Suroto, sebagai ketua kegiatan lomba guru dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba guru diadakan untuk menginspirasi guru-guru baik di Diknas Pendidikan Temanggung maupun di Kemenag Temanggung untuk senantiasa berinovasi. Cabang lomba meliputi bidang olah raga, seni, dan karya inovasi pengembangan kompetensi guru.

Lebih lanjut Suroto mengevaluasi bahwa peminat peserta lomba dibidang karya ilmiah berupa penulisan artikel ilmiah dan best practice masih sangat memprihatinkan dengan jumlah peserta yang sangat sedikit. Harapannya di tahun depan, event lomba menjadi ajang kreatifitas guru di Kabupaten Temanggung.

Sementara pada kesempatan yang sama Sarwana, selaku ketua PGRI cabang Temanggung menyampaikan bahwa kegiatan lomba dalam rangka HUT PGRI ini sebagai ajang meningkatkan kompetensi guru. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan. Lebih lanjut beliau menyampaikan, bahwa pendidikan yang berkualitas ada di tangan guru yang memiliki kualitas bagus.

“Guru memiliki peran yang strategis bagi dunia pendidikan, karena dari semua komponen pendidikan yang ada seperti kurikulum, sarana, metode pembelajaran, dan lingkungan, maka yang paling menentukan mutu pendidikan adalah guru. Guru menjadi kunci utama keberhasilan sumber daya manusia yang tidak hanya produktif tetapi juga unggul dan religious,“ imbuhnya.

Di akhir puncak acara penganugerahan, diumumkan pemenang lomba dari semua cabang lomba. PGRI Unit Khusus Kemenag Temanggung mampu bersaing dengan anggota PGRI cabang lain. Beberap trophy kejuaraan berhasil diraih oleh PGRI UKK.

Para pemenag lomba dari PGRI Unit Khusus Kemenag sebagai berikut : Unik Meta Wulandari (MAN Temanggung) juara 1 Imla’ Putri, H. Ismail, (MAN Temanggung) Juara 1 tilawah Putra, Sri Nurul Maesaroh, (RA Al Hidayah Madureso Indah) juara 1 tilawah putri, Ikhdam Nur Rohana Zuhro, (MIN 1  Temanggung) juara 2 tilawah putri, Sapri Sahyudi, (MTsN 2 Temanggung) juara 1  tenis lapangan ganda,  Eva Zakiyah (MI Ma’arif Gesing 1 Kandangan ) juara 1 tenis meja putri, dan Muhamad Adib, (MI Manbaul Huda Purwodadi Tembarak) juara III PJJ Inspiratif. Dengan perolehan 7 trophy kejuaraan tersebut, maka PGRI Unit Khusus Kemenag menyandang juara umum.(syn/rf)