Refleksi Terbimbing Bimtek EDM eRKAM Secara Sinkronus

Kab. Pekalongan – Tim Inti Madrasah MI Sullam Taufiq kembali mengikuti kegiatan Bimtek EDM eRKAM sinkronus kedua dengan agenda Refleksi Terbimbing. Kegiatan refleksi terbimbing dipandu Tim Inti Kabupaten, Syarif Hidayatullah, M. Pd. pada Rabu, 1 Desember 2021 melalui aplikasi Google Meet.

Selama kurang lebih satu minggu Tim Inti Madrasah telah melakukan petualangan belajar mandiri secara asinkronus dengan materi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan perencanaan penganggaran berbasis kinerja (PPBK). Terdapat 51 tahap petualangan yang wajib dilalui oleh setiap peserta yang harus dilalui secara berurutan.

Beberapa catatan refleksi dari peserta terkait pembelajaran asinkronus antara lain:1. Materi yang telah dipelajari baik berupa info grafis, buku pedoman maupun video mencakup konsep evaluasi diri madrasah dan perencanaan penganggaran berbasis kinerja; 2. Di setiap sesi petualangan terdapat cek tenaga atau uji pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari; 3. Petualangan belajar mandiri melalui LMS sekolah.mu sangat menarik namun masih ada peserta yang belum bisa masuk ke aplikasi.

Pada pertemuan tatap maya kedua ini juga disampaikan penjelasan detail pengerjaan EDM di aplikasi eRKAM yang merupakan materi lanjutan dan inti dari bimtek.

M. Syaikhul Alim, Tim Inti Madrasah (TIM) MI Sullam Taufiq berharap dapat menuntaskan petualangan sampai dengan terakhir yakni petualangan ke-106 Sebelum kegiatan sinkronus ketiga sekaligus penutupan bimtek.

“Dengan bimtek ini mudah-mudahan menjadi bekal yang cukup bagi kami sebagai TIM untuk dapat menerapkan penyusunan EDM eRKAM di aplikasi EDM eRKAM implementasi.” jelasnya. (Msa/Ant/bd)