SEMARAK HAB ke76 KEMENTERIAN AGAMA dengan Donor Darah dan Santunan

Surakarta – Rangkaian ke 2 dari SEMARAK HAB ke 76 Kemenag RI diselenggarakan oleh Kemenag Kota Surakarta dengan kegiatan Bakti Sosial Donor Darah dan Pentasarufan UPZ bagi Anak Yatim dan Dhuafa (28/12) di Aula Kemenag. Donor Darah dibuka secara resmi oleh Hidayat Maskur, dan berkesempatan pula mengawali menjadi peserta pertama melakukan donor darah. Menjalin kerjasama dengan PMI Kota Surakarta telah dilaksanakan setiap tahun. “Seluruh ASN Kemenag diharapkan menyukseskan seluruh rangkaian HAB ke 76, terlebih untuk kegiatan kali ini yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat,”jelas Hidayat.

105 peserta donor darah yang terdiri dari ASN Kemenag Surakarta, Penyuluh Non PNS dan Guru. Diantara jumlah tersebut, 74 orang lolos screening dan mendonorkan darahnya. Kegiatan terlaksana hingga pukul 12.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan ke-3 yaitu Pentasarufan UPZ bagi anak yatim dan dhuafa. Dalam laporan panitia, Encep Moh Ilham selaku Ketua UPZ sekaligus Penyelenggara ZAWA menjelaskan sasaran pentasarufan UPZ pada tahun ini. “Total sekitar 139 juta rupiah, akan ditasarufkan pada mereka yang berhak menerima,”tuturnya. Pentasarufan akan diterima oleh perwakilan dari Anak Yatim, GPAI, Guru RA, Penyuluh Non PNS, PPNPN, Karyawan Koperasi Ikhlas, dan masyrakat sekitar. “Guru PAI dan RA adalah mereka yang belum menerima sertifikasi sejumlah 289 orang, 40 Penyuluh Non PNS, 17 PPNPN, 6 Karyawan Koperasi dan 11 masyarakat yang berada di lingkungan kantor, dan 10 anak yatim,”tuturnya. Encep berharap di tahun mendatang, UPZ semakin solid dan amanah dalam mengelola dana zakat.

Hidayat dalam kesempatan membuka kegiatan pentasarufan, menyampaikan bahwa kegiatan dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementerian Agama diharapkan memberi dampak baik bagi Kementerian Agama. “Tahun depan, saya memiliki obsesi suatu bentuk kreatifitas dan inovasi pentasarufan dalam wujud ketrampilan yang tidak langsung diterima namun bisa mmberikan nilai manfaat,”ujarnya.

Semarak HAB ke 76 Kemenag RI diawali dengan Lomba Voli yang diikuti oleh seluruh seksi/penyelenggara Kemenag Kota Surakarta. Kegiatan dilaksanakan pada Jum’at, 24 Desember 2021 dan masih akan dilanjutkan semi final yang segera akan diselenggarakan. (may/bd)