Siswa MTsN 2 Pekalongan Final di Tingkat Nasional

Kab. Pekalongan – Setelah sukses berlaga di ajang OSS (Olimpiade Sains Soedirman) tingkat Provinsi, enam siswa MTsN 2 Pekalongan akhirnya lolos ke babak final di tingkat Nasional. Tidak hanya mendapat tiket ke babak final, dua siswa mendapat gelar juara pada seleksi tingkat provinsi Jawa Tengah. (Jum’at, 17/12/2021)

Keenam siswa MTsN 2 Pekalongan tersebut, mereka adalah: Amelia Novita, siswi kelas 9A yang meraih gelar Juara Harapan 3 Provinsi Jawa Tengah pada mapel IPA; dan Bilgis Labibatul Asyika, siswi kelas 7A, meraih medali perunggu pada mapel Matematika. Selain Amelia dan Bilgis, empat siswa lainnya yang berhasil lolos ke tingkat Nasional antara lain: Abdi Hubbika Mutayyama (kelas 8E); Fiyana Lufitasari (kelas 7A); Kenes Alya Hafizhah (kelas 7B); dan Rifana Arivianti (kelas (9A). Keempat siswa tersebut lolos pada mapel IPA.

Kompetisi Sains yang dilaksanakan secara online ini merupakan event yang digelar oleh lembaga Garuda Sains Indonesia bekerja sama dengan BEM Universitas Sumatera Utara. Seleksi tingkat Provinsi berlangsung pada Minggu (12/12/2021) secara online, sedangkan pengumuman hasil seleksi dirilis pada Rabu (15/12/2021).

Salah satu siswa yang lolos, Amelia mengungkapkan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah, saya berhasil lolos seleksi tingkat provinsi dan mendapat gelar juara meski hanya harapan 3. Saya sungguh tidak menyangka.” ungkapnya terharu.

Selain itu, ia juga menyatakan senang dengan adanya kompetisi-kompetisi online seperti OSS ini, karena pendaftarannya gratis, sistem ujiannya mudah diakses, serta fasilitas yang didapatkan banyak, mulai dari piagam, soal dan pembahasan, serta jejaring pertemanan.

Wahyu Hidayani, S.Pd selaku salah satu tim pembina kelompok Belajar IPA mengungkapkan juga rasa bangganya atas pencapaian prestasi siswa-siswi bimbingannya.

“Syukur alhamdulillah, dari IPA ada 5 siswa yang lolos ke babak final, dan salah satunya meraih juara. Bagi yang belum berhasil lolos, jangan berkecil hati, tetap semangat dalam belajar, insya Allah masih banyak kesempatan berprestasi.” ujarnya memberi semangat pada beberapa siswa yang tidak lolos dalam seleksi tingkat provinsi.

Ucapan selamat juga datang dari kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat. Ia sangat bersyukur bahwa siswa-siswinya memiliki semangat dan daya juang serta keinginan berprestasi yang tinggi.

“Ternyata, meski KBM telah usai, mereka tetap antusias dalam mengembangkan diri melalui berbagai lomba. Tentu, ini tidak lepas dari bimbingan dan motivasi yang terus diberikan oleh para pembina sains. Oleh karena itu, saya ucapkan selamat dan sukses selalu untuk para Juara beserta pembinanya. Semoga di babak final akan meraih prestasi terbaik.” pesannya kepada para siswa yang lolos seleksi.

Sementara itu, Wahyu mengungkapkan bahwa pelaksanaan OSS tingkat Nasional sampai saat berita ini ditulis, belum ada informasi lebih lanjut lagi dari pihak penyelenggara.

“Kemungkinan masih dalam bulan Desember, hanya tanggalnya belum dipastikan. Kita tunggu saja, sambil mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar sukses kembali dalam laga final tingkat Nasional nanti.” tutur  Wahyu (Why/Ant/bd).