Sosialisasi Penyetaraan Jabatan Fungsional di Lingkungan Kemenag


Semarang (Humas) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah mengikuti kegiatan sosialisasi hasil Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan Kementerian Agama yang digelar oleh Sekretariat Jendral Kementerian Agama pada Senin, (27/12).

Hadir secara daring Plt. Kabag TU, Nurkholis didampingi oleh Kasubbag Kepegawaian dan Hukum, Badrus Salam serta perwakilan staff dari Bidang Ortala, Bidang Kepegawaian dan Hukum Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Kepala Biro Organisasi  dan Tata Laksana (Ortala) Sekretariat Jendral Kemenag RI, Akhmad Lutfi mengapresiasi atas kerjasama yang telah dicapai.

“Proses ini tentu tidak mudah, perlu adanya ketelitian yang sungguh-sungguh dan saya mengapreasiasi telah terlaksana dengan baik dengan hasil yang sangat optimal. Hal ini juga tidak lepas dari arahan yang diberikan oleh Bapak Menteri dan Sekjen,” kata Akhmad.

Penyetaraan tersebut guna sebagai proses penyederhanaan birokrasi di Kementerian Agama yang resmi dibuka oleh Sekretariat Jendral Kementerian Agama RI, Nizar Ali. Dalam sambutanya, Nizar menyampaikan penyetaraan jabatan ini merupakan bagian dari program prioritas presiden terkait penyerdehanaan birokrasi.

“Sesuai dengan program prioritas pemerintah tekait penyetaraan jabatan, hal tersebut juga sesuai dengan surat edaran dari Kementerian PANRB tentang Langkah Strategis dan Konkret Penyederhanaan Birokrasi yang selanjutnya akan disempurnakan oleh PermenPANRB Nomor 28 Tahun 2019,” ujar Nizar.

Dalam paparannya, Sekjen Kemenag RI menyampaikan terkait rekapitulasi hasil dari Surat persetujuan MenPANRB yang telah diterbitkan pada tanggal 20 Desember 2021 dengan jumlah 1.283 jabatan administrasi yang terdiri atas 73 Administrator (Eselon III), 1.210 Pengawas (Eselon IV) dan 10 Ahli Madya, 75 Ahli Muda.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Deputi Kelembagaan dan Tata laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB. (da)