Tingkatkan Integritas dan Budaya Antikorupsi

Wonosobo – Dalam upaya mengikat komitmen bersama dalam meningkatkan Integritas dan Budaya Anti Korupsi di lingkungan Kankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo, beserta Kasubbag TU, seluruh Kasi/Gara, serta kepala MAN dan MTsN, simak Webinar yang digelar oleh Inspektoral Jenderal Kemenag RI tentang Komitmen Kementerian Agama Meningkatkan Integritas dan Budaya Antikorupsi, pada hari Rabu, (1/12).

Adapun keynote speaker dalam webinar tersebut yakni Wakil ketua KPK, Ghufron, dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutannya, Deni Suardini, selaku Inspektur Jendral Kemenag RI, menyampaikan bahwa webinar dirasa sangat penting sebagai upaya melakukan perubahan kearah yang lebih baik.

Selanjutnya, wakil Ketua KPK dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Kemenag miliki komitmen anti korupsi sesuai komitmen keagamaan yang dimiliki, “korupsi bukan masalah hukum saja, ada strategi pendekatan KPK dalam konteks korupsi yaitu penindakan, tranparansi, partisipasif dan pendidikan masyarakat,” kata Ghufron.

Ghufron menambahkan, integritas dan niat baik dalam komitmen adalah ajaran hati, “jihad kita adalah melawan korupsi, seluruh elemen bangsa harus bersama kuatkan komitmen cinta tanah air dengan melawan korupsi dan tujuan berbangsa kita menuntut untuk miliki komitmen kecintaan pada NKRI,” imbuhnya.

Orientasi pendidikan bukan semata untuk mencari ijasah mencari pekerjaan, (lanjut Ghufron), melainkan orientasi pendidikan menjadi pribadi yang merdeka dengan luasnya ilmu pengetahuan dan kuatnya komitmen integrase, “benahi generasi dengan menanamkan integritas, Kemenag menjadi teladan bagi komitmen melawan korupsi,” tandas Ghufron.

Selanjutnya dalam arahannya, Menag Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan bahwa Kemenag menjadi teladan atas kebaikan termasuk dalam melawan korupsi, “tatakelola Kemenag terus diperbaiki untuk membuktikan bahwa Kemenag dapat menjadi contoh teladan anti korupsi,” kata Gus Yaqut.

Maka dari itu, (lanjut Yaqut), dibutuhkan komitmen bersama seluruh jajaran pada Kemenag untuk bersama-sama lawan korupsi dengan meningkatkan integritasnya.

Sementara itu, disela menyimak Webinar, Ahmad Farid, selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo berharap, dengan adanya komitmen bersama ini akan menumbuhkan kesadaran bagi setiap ASN Kemenag, “semoga tumbuh kesadaran bagi kita semua untuk berperilaku anti korupsi,” tandasnya. Fk-ws