Yayasan Perguruan Al Iman Kota Magelang Tingkatkan Kualitas Guru Dengan Gelar In House Training

Kota Magelang – Aula Madrasah Aliyah Al Iman Jl. Tentara Pelajar No. 27 Kelurahan Kemirirejo Kecamatan Magelang Tengah gelar kegiatan In House Training Strategi Pembelajaran 4.0 Abad 21 dan Implementasi KMA Nomor 642 Tahun 2021.  Selain narasumber dari internal Kemenag Kota magelang, dihadirkan pula Dr. Nikmah Nurbaity, S.Pd., M.Pd. Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII Pemprov Jawa Tengah.

Hadir dalam acara tersebut seluruh guru Yayasan Perguruan Al Iman di semua jenjang tingkatan se-Kota Magelang. Hadir pula Kasi Penmad Kankemenag Kota Magelang serta pengawas madrasah yang juga sekaligus menjadi narasumber, Senin (13/12).

Ketika melaporkan kegiatannya, Kepala MA Al Iman menyampaikan bahwa kegiatan bertujuan sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru yang bernaung di Yayasan Perguruan Al Iman. Selain itu juga untuk mewujudkan pendidikan Islam yang unggul, moderat dan menjadi rujukan dunia dalam integrasi ilmu agama, pengetahuan dan teknologi sesuai dengan visi dan misi Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Terang Moch Sholeh.

Senada dengan panitia penyelanggara, Kepala Kankemenag Kota Magelang dalam sambutannya menegaskan bahwa “usaha mewujudkan visi dan misinya Kementerian Agama mengembangkan diversifikasi keunggulan madrasah dalam berbagai bentuk yaitu MA Akademik, MA Program Keagamaan, MA Plus Keterampilan, Madrasah Riset dan lain-lain. MA Akademik merupakan prototipe madrasah aliyah yang mengembangkan keunggulan kompetitif di bidang akademik, sains, dan teknologi. MA Program Keagamaan adalah prototipe madrasah aliyah yang mengembangkan keunggulan kompetitif di bidang keahlian kajian keagamaan Islam. MA Plus Keterampilan adalah prototipe madrasah aliyah yang mengembangkan keunggulan kompetitif di bidang keterampilan tertentu. Sedangkan madrasah riset adalah madrasah yang memiliki keunggulan kompetitif di bidang riset atau penelitian ilmiah,” tandas Sofia Nur.

Saat ini Kementerian Agama tengah melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat Berkelas Dunia, melalui berbagai kerjasama dan meluncurkan program-program unggulan dan strategis. Madrasah hebat adalah madrasah yang dapat mengembangkan seluruh potensi siswa secara optimal dan mencapai puncak prestasi madrasah dengan cara yang baik (bermartabat).

Menuju madrasah hebat bermartabat sesuai tuntutan zaman tidaklah mudah. Madrasah dituntut untuk mampu mengembangkan keunggulan dan keunikan masing-masing dalam kemasan yang menarik serta mampu membuat branding yang berbeda dari madrasah yang sudah ada pada umumnya. (Hari).