23 ASN Kankemenag Kab. Wonosobo Mendapat Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya

Wonosobo – Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor Nomor 34/TK/Tahun 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya, bertepatan dengan puncak Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 76 Tahun 2022, sejumlah Dua Puluh Tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kab. Wonosobo, menerima Penghargaan Satya Lencana Karya Satya.

Penyematan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya langsung serahkan oleh Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, dan Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, usai upacara peringatan HAB yang dilaksanakan di halaman MAN 2 Wonosobo, Senin, (03/01) berakhir.

Menuru Ahmad Farid, Satya Lencana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada ASN Kemenag yang telah berbakti selama 10, 20 atau bahkan 30 tahun lebih tanpa cacat dan menunjukan kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, kesetiaan, dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi pegawai lainnya.

Hal tersebut selaras dengan ucapan Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas, dalam pidatonya pada peringatan HAB ke 76 Kemenag. Dalam pidatonya Menag mengatakan, sebagai salah satu bentuk ucapan terimakasih, Kemenag telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 ASN/PNS Kemenag dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

Dalam moment HAB ke 76, berdasarkan pernyataan Menag, ASN Kemenag di seluruh Indonesia terjaring 509 orang yang diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya masa pengabdian 30 tahun, dan 2.802 orang masa pengabdian 20 tahun serta 5.999 orang masa pengabdian 10 tahun.

Selanjutnya, usai menyematkan Satyalancana kepada ASN, Ahmad Farid, berharap dengan pemberian satya lencana ini dapat meningkatkan kinerja ASN Kankemenag kab. Wonosobo.

“Terus tingkatkan kinerja dan teruslah berjuang bekerja untuk Negeri melalui Kementerian Agama. Tingkatkan dan pertahankan prestasi yang telah dicapai sesuai bidangnya masing-masing,” kata Farid.

Farid berharap penyematan Pengahargaan Satyalancana yang disaksikan seluruh peserta upacara yang merupakan ASN Kankemenag tersebut dapat menjadi semangat dan motivasi bagi ASN untuk terus mendedikasikan kinerja terbaiknya sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat dengan ikhlas serta penuh rasa tanggung jawab melalui dedikasi dan pengabdian yang terbaik.

Berdasarkan data, adapun penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya Kankemenag Kab. Wonosobo masa kerja 30 tahun, diberikan kepada tujuh ASN, masa kerja 20 tahun diberikan kepada Tiga Belas ASN, dan masa bakti 10 tahun diberikan kepada tiga ASN.(Ps-ws/Sua)