Para Nara sumber menyampaikan materi dalam acara LDKS di MTsN 4 Wonogiri

Bangun Nasionalisme Anak, MTsN 4 Wonogiri Selenggarakan LKDS

Wonogiri – Dalam upaya membentuk karakter dan nasionalisme peserta didik yang kuat, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Wonogiri menyelenggarakan Latihan Dasar  Kepemimpinan Siswa (LKDS) bagi anggota Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), Senin – Selasa (17-18/01). Bertempat di Kampus MTsN 4 setempat yang di ikuti anggota dan pengurus OSIM.

Kegiatan di buka secara resmi oleh Kepala MTsN 4 Wonogiri,  Kusun Dahari dengan menghadirkan nara sumber dari anggota Koramil Nguntoronadi, Polsek Nguntoronadi  dan guru madrasah yang berkompeten di bidang LKDS. Adapun materi meliputi : Kepemimpinan, Peraturan lalu lintas, struktur organisasi OSIM kegiatan, pembekalan mental keimanan dan ketaqwaan dan program kerja OSIM.

Dalam sambutan pembukaan Kepala MTsN 4 Wonogiri, Kusun Dahari menyampaikan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini adalah pertama, memupuk rasa kebangsaan dan rasa cinta tanah air. Kedua, meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda. Ketiga, pembekalan tentang wawasan nasionalisme, wawasan kepemimpinan, meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap tanggung jawab. Keempat, memantapkan kemampuan kepemimpinan yang dimiliki para siswa.

“Semoga dengan di selenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa mampu memupuk nasionalisme, dan kelak mereka tumbuh menjadi generasi muda yang  tangguh berkepribadian dan mampu bersaing secara sehat,” ungkap Dahari.

Pada kesempatan yang sama Fathul Aziz selaku Waka Kesiswaan MTs Negeri 4 Wonogiri melaporkan, bahwa kegiatan LKDS diikuti sebanyak 30 siswa dengan protokol kesehatan. Kegiatan dilakukan di dalam dan di luar ruangan sesuai situasi dan kondisi yang ada, baik teori maupun praktek. Adapun instruktur atau petugas LDKS melibatkan unsur lembaga lain adalah Koramil dan Polsek Kecamatan Nguntoronadi sebagai bentuk mitra atau kerjasama yang terjalin dari tahun ke tahun, dan menunjukkan bila MTsN 4 Wonogiri merupakan madrasah terbuka dan mampu bekerjasama dengan siapapun.(Mursyid/Sua)

WhatsApp Image 2022-01-18 at 10.14.54.jpeg