Bhakti Sosial Donor Darah, Kankemenag Kab. Wonosobo Kumpulkan 108 Kantong Darah

Wonosobo – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76 Kemenag RI tahun 2022, Kankemenag Kab. Wonosobo menggandeng PMI Kab. Wonosobo laksanakan kegiatan bakti sosial donor darah selama lima hari berturut-turut, 3-7 Januari 2022, di lima titik lokasi donor darah yakni MAN 1 Wonosobo, MAN 2 Wonosobo, MTsN 1 Wonosobo, MTsN 2 Wonosobo dan Kankemenag Kab. Wonosobo.

Selain untuk mengisi kegiatan peringatan HAB ke 76, kegiatan tersebut digelar dengan tujuan kemanusiaan. Hal tersebut disampaikan Ahmad Farid, selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo saat ditemui tim media center pada hari Jumat, (7/01) diruangannya.

“Kegiatan bhakti sosial donor darah ini merupakan sesuatu yang dirasa sangat bermanfaat, sebab dapat membantu kehidupan manusia khususnya bagi yang memerlukan transfusi darah,” kata Farid.

Farid, juga menyampaikan banyak manfaat yang didapat dari melakukan donor darah, salah satunya meningkatkan produksi darah yang dapat membantu tubuh agar tetap selalu sehat dan bekerja lebih efisien.

“Dengan donor darah rutin selain bisa untuk membantu sesama, juga membuat tubuh kita menjadi sehat, semoga kegiatan ini bisa membantu menyelamatkan jiwa sesama. Peringatan HAB harus bermakna dan bermanfaat salah satunya dengan semangat berbagi sesama dan semangat untuk kepedulian sosial,” tandas Farid.

Dihari terkahir pelaksanaan kegiatan bhakti sosial Donor Darah, Fakih Khusni, selaku koordinator kegiatan bhakti sosial, menyampaikan selama lima hari pelaksanaan donor darah terkumpul 108 kantong darah.

“Setelah dilakukan pemeriksaan dan tindakan pengambilan darah di masing-masing lokasi, terkumpul 108 kantong darah dari 197 orang pendonor,” beber Fakih.

Lebih rinci di sampaikan, 108 kantong tersebut akumulasi dari pelaksanaan donor darah hari pertama hingga hari terakhir kegiatan berlangsung,

“Di MAN 1 Wonosobo ada 85 orang pendonor dan terkumpul 32 kantong, selanjutnya di MAN 2 Wonosobo 18 orang pendonor terkumpul 8 kantong, di MTsN 2 Wonosobo 23 orang pendonor terkumpul 15 kantong, MTsN 1 Wonosobo 34 pendonor terkumpul 25 kantong dan di Kankemenag hari ini ada 37 orang pendonor terkumpul 28 kantong. Jadi total semua 108 kantong,” jelas Fakih.

Diakhir statementnya, Fakih, menyampaikan ucapan terimakasih kepada PMI dan pendonor atas kesediannya mendonorkan darah dan memfasilitasi pendonor untuk mendonorkan darahnya,

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Kami ucapkan terimakasih kepada PMI yang sudah mau berkolaborasi dengan Kankemenag Kab. Wonosobo untuk mensukseskan acara ini. Semoga kedepannya bisa lebih banyak lagi pendonor dan pelaksanaan bisa lebih baik lagi,” tandas Fakih.(Ps-ws/Sua)