Bimbingan Teknis Supervisi GTK

Kab. Pekalongan – Senin (24/1/2022) MAN Pekalongan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Supervisi Guru Tenaga Kependidikan. Bimtek GTK ini dilaksanakan di laboratorium komputer. Bimtek GTK ini dipandu H. Sobari Amin, M.Pd.I Pengawas MA dan diikuti Tim Penilaian Kinerja Guru dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pada kesempatan ini H. Sobari Amin Pengawas MAN Pekalongan memaparkan sosialisasi pelaksanaan supervisi pembelajaran di madrasah sesuai PMA No. 624 tahun 2021 meliputi supervisi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran.

“Program supervisi meliputi supervisi akademik dan manajerial sesuai standar nasional pendidikan di madrasah. Melalui program supervisi ini diharapkan akan meningkatkan kualitas pembelajaran, kualitas pengelolaan unit  kegiatan dan administrasi di madrasah.” tutur H. Sobari Amin.

Komponen-komponen pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial meliputi : 1). Perencanaan Pembelajaran; 2). Pelaksanaan Pembelajaran; 3). Penilaian Pembelajaram; 4). Bimbingan Konseling; 5). Administrasi Kepegawaian; 6). Administrasi Keuangan; 7). Administrasi Sarpras; 8). Administrasi Surat Arsip; 9). Administrasi Kesiswaan; 10). Administrasi Kepala Perpustakaan; dan 11). Administrasi Kepala Laboratorium

Time schedule supervisi GTK harus dilaksanakan semester ganjil dan genap. Perlunya jadwal layanan, jadwal pelaksanaan supervisi dan pelaksanaan supervisi.

Keberhasilan supervisi GTK dibuktikan dengan bukti fisik data instrumen supervisi dan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian secara kontinu serta terprogram. Daya dukung lain dibuktikan dengan peningkatan kinerja pembelajaran.(C-NA/Ant/bd).