Bupati Jadi Pembina Puncak Peringatan HAB 76 pada Kankemenag Kab. Wonosobo

Wonosobo – Ditengah-tengah maraknya pemberitaan covid 19 varian terbaru yakni omicorn yang mulai menjadi momok baru bagi masyarakat Indonesia, Kankemenag Kab. Wonosobo meski secara terbatas dan ketat menerapan Protokol Kesehatan, pada hari Senin, (3/01) tetap melaksanakan Upacara Bendera sebagai puncak peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 76 tahun 2022.

Upacara digelar di Halaman MAN 2 Wonosobo, dipimpin langsung oleh Bupati Wonosobo, Afif Nur Hidayat, serta di hadiri langsung oleh Wakil Bupati, Muhammad Albar, dan Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, dan diikuti oleh seluruh ASN Kankemenag Kab. Wonosobo, 15 Kepala KUA se Kabupaten Wonosobo, Kepala MAN, MTs, dan MI sebagai peserta upacara.

Dalam Amanat Upacara, Afif Nur Hidayat, membacakan pidato Menteri Agama pada peringatan HAB ke 76. Dalam pidatonya Menag mengatakan, pada setiap peringatan HAB yang jatuh pada tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai KICK OFF program/kegiatan tahun berjalan.

Menag juga mengklaim bahwa kehadiran Kemenag ditengah masyarakat merupakan payung teduh bagi semua unsur umat beragama, untuk menjaga Pancasila, Konstitusi, dan NKRI tetap dalam jalurnya.

Sebagai tolak ukur kehadiran Kemenag sebagai payung teduh umat beragama, dibuktikan dengan indeks Kesalehan Umat, Indeks Kerukunan Umat, dan Indeks Pelayanan kepada masyarakat yang terus meningkat setiap tahunnya.

Selanjutnya, dalam Pidatonya Menag juga mengajak kepada seluruh ASN Kemenag untuk terus berinovasi dan meningkatkan serta mempertahankan capaian-capaian yang sudah diraih.

“Diusia yang ke 76 ini, Kementerian Agama harus berbenah. Prestasi yang sudah diraih harus dipertahankan dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kemenag yang lebih baik,” tulis menag dalam naskah pidatonya.

Usai membacakan pidato Menag, Afif Nur Hidayat, menyampaikan ucapan selamat HAB ke 76, serta mengajak seluruh ASN untuk menjadi contoh dalam memutus rantai penyebaran virus Corona.

Setelah upacara berakhir, dilanjutkan dengan penyerahan lencana karya satya kepada ASN Kemenag yang telah mengabdi 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Selain itu juga diserahkan sertifikat Halal bagi UMKM di lingkungan Kabupaten Wonosobo oleh Bupati Wonosobo dan peresmian PTSP MAN 2 Wonosobo.(Ps-Ws/Sua)