Dalam Rakor MGMP PAI, Afifatun Berharap MGMP Saling Bersinergi

Afifatun hadir secara virtual memberikan penguatan pada rapat koordinasi MGMP PAI Prov. jateng

(Semarang-Bidang PAI). Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas (MGMP PAI SMA) Propinsi Jawa Tengah mendapatkan apresiasi dari Tim Media Direktorat PAI Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama. Hal ini disampaikan Kabid PAI Kanwil Kemenag Jawa Tengah yang diwakili Afifatun, Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Seksi SMA/SMALB/SMK Bidang PAI Kemenag Jawa Tengah pada Rapat Koordinasi Online ke-1 MGMP PAI SMA Jawa Tengah Selasa,(4/1/2022).

Menurutnya, dalam penilaian dari Tim Media Direktorat PAI Dirjen Pendis Kemenag, MGMP PAI SMA Jawa Tengah cukup intens memberitakan kegiatan mereka. Hal ini setidaknya menandakan aktivitas dan kontribusinya dalam pengembangan PAI di Jawa Tengah.

“Semoga pemberitaan dan aktivitas MGMP PAI Jawa Tengah menginspirasi MGMP PAI wilayah lain, baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk mewujudkan hal yang senada. Di pihak lain, kita bisa bersama mendorong inisiatif tersebut pada jenjang masing-masing, bahkan jika dimungkinkan untuk lembaga/organisasi yang relevan dengan konteks PAI,” tambahnya.

Dalam Rakor ini, Afifatun juga berpesan agar dalam pelaksanaan program kerja selama setahun ke depan semua pengurus MGMP PAI Jawa Tengah, Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah saling mengisi, menopang, berkolaborasi dan bersinergi dengan Bidang PAI dan menyesuaikan kegiatan yang ada di Kemenag pusat baik kegiatan yang sasarannya untuk Guru PAI maupun untuk Peserta Didik. Contoh yang sudah dilaksanakan beberapa hari terakhir yaitu lomba pembuatan Video pendek Moderasi Beragama.

Program Kerja Tahun 2022
Sementara itu Hery Nugroho, ketua MGMP PAI SMA Jawa Tengah dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Direktorat PAI Kemenag, Kanwil Kemenag Jawa Tengah khususnya Bidang PAI, pengurus MGMP PAI SMA Jawa Tengah, Kabupaten/Kota yang telah mensupport program kerja MGMP PAI SMA Jawa Tengah pada tahun 2021.

“Alhamdulillah setelah dilaksanakan reorganisasi, pada tanggal 27/10/2021, tim formatur langsung bekerja dan menyiapkan pra rapat kerja. Setelah itu tanggal 15/11/2021 digelar pelantikan pengurus MGMP PAI SMA Jawa Tengah dilanjutkan dengan rapat kerja. Dua hari kemudian langsung melaksanakan program kerja yaitu Penguatan Rohis SMA/SMK dan Guru Pembina Rohis. Kemudian pada tanggal 18/12/2021 digelar Seminar Online Manajemen Laboratorium PAI. Setelah itu 21-23/12/2022 digelar Kemah Rohis berkolaborasi dengan AGPAII dan MGMP PAI SMA Jawa Tengah, tuturnya.

Kemudian pada tahun 2022, MGMP PAI SMA Jawa Tengah menyiapkan 68 program kerja yang kemudian diringkas menjadi 22 program kerja untuk menggerakkan MGMP PAI SMA Jawa Tengah, Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah. Sasaran program kerja ini diperuntukkan untuk guru PAI SMA dan peserta didik SMA di Jawa Tengah. Melalui rakor ini, seluruh pengurus mempunyai gambaran yang akan dilakukan selama setahun ke depan, sehingga dapat menyiapkan dengan baik. (dsr/hery/rf)