Dengan Aplikasi Smart, Laporkan Capaikan Kinerja Pegawai Lebih Baik dan Benar

Mungkid – Kepala Kankemenag Kab. Magelang, Zainal Fatah mengharapkan dengan adanya kegiaatan pendampingan dari Irjen Kementerian Agama Pusat dalam pengisian dan pengelolaan Aplikasi Smart nantinya admin dapat melaporkan capaikan kinerja pegawai dengan baik dan benar. Hal tersebut disampaikannya saat Tim Irjen Kemenag RI melakukan pendampingan pengelolaan Aplikasi Smart di Ruang Rapat komplek Kankemenag Kab. Magelang, Jumat (24/12/2021).

Disampaikan Zainal Fatah bahwa Tim Irjen tersebut mempunyai tujuan mengarahkan secara teknis dan administratif kinerja Satker dalam hal pemanfaatan Aplikasi-aplikasi untuk membantu kinerja pegawai. “Irjen juga melakukan audit khusus termasuk tugas reviu laporan keuangan pada satker-satker yang ada di Kemenerian Agama,” katanya.

Terkait laporan keuangan, Zainal Fatah menjelaskan bahwa pada laporan keuangan setiap Satker akan dinilai kewajaran atau kelayakan penyajian laporan keuangan yang disusun. Adapun kelayakan dan kewajaran tersebut mengacu pada prinsip akuntansi dan selanjutnya atas penilaian tersebut akan tercermin pada opini audit.

“Tujuan audit atas laporan keuangan oleh auditor pada umumnya adalah untuk menyatakan pendapat tentang kewajaran, dalam semua hal yang material, posisi keuangan, perubahan ekuitas, dan arus kas sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia,” jelasnya.

Dalam rangka menjalankan fungsinya Irjen Kementerian Agama yaitu penyusunan kebijakan teknis pengawasan intern di lingkungan Kementerian Agama dan pelaksanaan pengawasan intern di lingkungan Kementerian Agama terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya maka dilakukan pendampingan terhadap satker-satker di Kementerian Agama salah satunya di Kankemenag Kab. Magelang.

Acara pendampingan pengelolaan Aplikasi tersebut diikuti oleh para pengelola/admin aplikasi pada secretariat Kankemenag kab. Magelang, MAN 1  dan MAN 2 Magelang, MTsN sekabupaten Magelang dan MIN sekabupaten Magelang.(toy/Sua).