Diklatsar Jurnalistik MAN Pekalongan

Kab. Pekalongan-Jurnalistik MAN Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Diklatsar Jurnalistik periode 2022/2023 selama dua hari (28-29/1) di Aula MAN Pekalongan dengan menerapkan protokol kesehatan. Mengusung tema “Menjadi Jurnalis Itu Gampang” ini sebagai dasar karena siapapun dapat menjadi jurnalis meskipun dari kalangan pelajar.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai sarana pelajar dalam memperdalam ilmu kejurnalistikan di madrasah. Pelatihan Diklat Dasar Jurnalistik ini diikuti oleh seluruh anak Jurnalistik serta perwakilan kelas X, XI, dan XII. Kegiatan tersebut dibuka oleh Supriyanto, S.Pd, M.Pd selaku Plt. kepala MAN Pekalongan, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana kegiatan oleh H. Ghozali,S. Pd.,M.Pd.

Pada sambutannya Supriyanto mengungkapkan madrasah telah memfasilitasi kegiatan Diklatsar ini, sehingga peserta dapat mengikutinya dengan baik, dan serius.

Nur Afana, S.Pd selaku Pembina jurnalistik mengungkapkan,”Tujuan dari kegiatan ini agar dapat mengasah dan memperdalam bidang kejurnalistikan dikalangan pelajar.” ujarnya.

Adapun materi yang diberikan pada Diklat Jurnalistik tersebut meliputi penulisan naskah berita, penyuntingan naskah oleh H. Casudi, S.Pd, layout foto oleh Asilatul Khaqiyah, S.Kom, tidak ketinggalan materi kejurnalistikan seperti publik speaking, teknik menggali informasi serta cara menjadi reporter yang disampaikan oleh Alan dan team dari wartawan batik TV Pekalongan.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pengukuhan pengurus baru jurnalis periode 2022/2023. Pada penghujung acara disampaikan oleh Nur Afana, “Semoga dengan adanya Diklatsar jurnalistik ini ilmu yang diterima dapat diterapkan dalam bidang pers dan jurnalistik di kalangan pelajar sehingga dapat tumbuh menjadi jurnalis yang handal.” tuturnya.(NA/Ant/bd).