Gara Zawa Kankemenag Kab. Wonosobo Sudah Definitif

Wonosobo – Selang beberapa bulan usai kursi jabatan Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Gara Zawa) Kankemenag Kab. Wonosobo mengalami kekosongan, terhitung sejak tanggal 4 Januari 2022, satu kursi kosong tersebut kembali terisi. Hal tersebut ditandai dengan telah dilantik dan diambil sumpah jabatan, ASN Kemenag atas nama Artiyah, oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, pada hari Selasa, (4/01) di Aula Kankemenag setempat.

Jabatan sebagai Gara Zawa sempat mengalami kekosongan dan dihandle oleh Pelaksana Tugas (PLT), Mahbub, yang sekaligus menjabat sebagai Kasubbag TU. Kekosongan tersebut berlangsung selama empat bulan terhitung sejak bulan September 2021 hingga Desember 2021. Lantaran Gara sebelumnya yakni Nawawi, dilantik dan dimutasi sebagai Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) Kankemenag Kab. Wonosobo, menggantikan Fakih Khusni, yang juga dimutasi sebagai Kasi PD. Pontren.

Kakankemenag Kab. Wonosobo menyebutkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut merupakan hasil seleksi jabatan periode Desember 2021. “Dasar pelantikan dan pengambilan sumpah yakni hasil rapat Panitia Seleksi Mutasi dan Promosi Jabatan di lingkungan Kanwil kemenag Jateng tertanggal 22 Desember dan SK Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : 11124/Kw.11.1/3/KP.07.6/12/2021 tertanggal 27 Desember 2021 yang dikuatkan dengan tandatangan dan stample Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah,” kata Farid.

Selanjutnya, dalam keterangannya Nasmin, selaku Analis Kepegawaian menerangkan, sebelum dilantik sebagai Gara Zawa, Artiyah, sebelumnya menjabat di Kanwil Kemenag Prov. Jateng. “Yang terlantik sebelumnya menjabat sebagai Penyusun Bahan Pembinaan Qori dan Hafidz pada Seksi Seni dan Budaya Islam, dan Musabaqoh Al Quran dan Al Hadist Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf pada Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah,” terang Nasmin.

Nasmin, juga menambahkan, selain melantik Artiyah, sebagai Gara Zawa, dalam gelaran pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat eselon IV/B siang tadi, juga sekaligus melantik dan mengambil sumpah sebelas kepala KUA hasil seleksi dan mutasi jabatan periode Desember 2021 di lingkungan Kankemenag Kab. Wonosobo.

Usai melantik, Ahmad Farid, dalam sambutannya berpesan agar pejabat yang sudah dilantik dan menduduki jabatan dan kantor baru agar segera menyesuaikan diri dan mencanangkan program prioritas kinerjanya.

“Ditempat yang baru saya harap dapat menyegarkan birokrasi di lingkup Kankemenag Kab. Wonosobo, serta meningkatkan kontribusi terhadap pelayanan Masyarakt,” tegas Farid.

Usai dilakukan pengambilan sumpah dan penyerahan SK, acara dilanjutkan dengan serah terima secara simbolis perwakilan pejabat terlantik dan yang tergantikan serta pemberian ucapaan selamat kepada pejabat terlantik oleh Kakankemenag dan seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.(ps-ws/Sua)