Gedung PLHUT, Ikon Baru Kankemenag Kabupaten Magelang

Mungkid – Proses pembangunan Gedung Pusat Layanan Haji Terpadu (PLHUT) pada Kantor Kemenag Kab. Magelang saat ini sudah memasuki tahap pemilihan Konsultan Perencana. Kasi PHU, Khamim Setiawan, dalam Rapat Koordinasi Pembangunan PLHUT, di Meeting Room, Senin, (17/01/2022), menyampaikan Gedung PLHUT akan menjadi ikon baru Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang.  Hadir dalam rapat tersebut Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan, Perencana dan staf PHU.

“PLHUT merupakan salah satu proyek strategis nasional di Kementerian Agama yang diharapkan dapat memberikan wajah baru Kankemenag Kab. Magelang,” kata Khamim.

Khamim menyampaikan, tujuan dibangunnya PLHUT adalah untuk mewujudkan pelayanan yang efisien, serta terjaminnya keamanan, kenyamanan, dan kepercayaan masyarakat pendaftar haji.

“Kabupaten Magelang terdiri dari 21 kecamatan, 372 desa dengan rata-rata jamaah haji yang berangkat sebanyak 1.150 pertahun, sudah saatnya memiliki gedung yang representatif, aman, dan nyaman,” paparnya.

Sesuai rencana, lokasi Gedung PLHUT akan dibangun di Gedung Subbag TU dengan pertimbangan gedung Kantor Kemenag saat ini ada di bawah jalan raya sehingga berkesan kantor tertutup oleh pagar. Dengan demikian, Gedung PLHUT nantinya akan memberikan wajah baru bagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang sesuai dengan arahan dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang, Panut,  berpesan agar pembangunan Gedung PLHUT mempertimbangkan proses evakuasi bagi ASN yang terdampak pembangunan. Sehingga perencanaan yang cermat dan matang sangat diperlukan.

“Pembangunan PLHUT secara estetika agar tetap terjaga menyatu dengan bangunan lama. Rencanakan dengan baik mana yang akan dibangun dan mana yang akan dibongkar. Sebab dengan adanya gedung PLHUT, skema atas tata ruang yang sudah akan pasti akan berubah,” kata Panut.

“Terkait dengan proses, komunikasikan dengan pengelola BMN. Siapkan perencanaan secara menyeluruh dengan konsultan,” pesannya.(m45k/Sua)